NewsSerba-serbiWisata & Kuliner

Hadirnya Seven Wonders di Sultra, Perjalanan Wisnus Ditarget Capai 6,6 Juta

×

Hadirnya Seven Wonders di Sultra, Perjalanan Wisnus Ditarget Capai 6,6 Juta

Sebarkan artikel ini
Pulau Labengki, salah satu Seven Wonders Sulawesi Tenggara

KENDARI, PORTAL.ID – Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan perjalanan Wisata Nusantara (Wisnus) di Bumi Anoa mencapai 6,6 juta sepanjang tahun 2023. Target ini merupakan bagian dari target nasional yang mencapai 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan.

Kepala Dispar Sultra, Belli Harly Tombili mengatakan, target perjananan wisnus ini merupakan bagan dari agenda Gerakan Nasional Berwisata di Indoensia Aja (Gernas BBWI) yang didorong oleh Presiden Joko Widodo.

“Bapak Presiden mengajak kita semua untuk berwisata di dalam negeri saja. Dalam pidato beliau, secara khusus menyebut Wakatobi. Namun, kita di Sultra punya kawasan wisata lainnya yang menyanggah Wakatobi. Kita menyebutnya sebagai seven wonders Sultra, yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Sultra,” kata Belli, Rabu (1/2/2023).

Adapun ketujuh kawasan wisata itu tertuang dalam bentuk Keputusan Gubernur Nomor 310 Tahun 2022 tentang Penetapan Destinasi Pariwisata Prioritas Provinsi Sulawesi Tenggara Penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi.

Ketujuh kawasan tersebut yakni, Koridor Wisata Teluk Kendari-Toronipa-Labengki, Benteng Keraton Wolio-Lambusango, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Pulau Padamarang, Kawasan Karts Pulau Muna, Kawasan Karts Matarombeo dan Kawasan Mangrove Buton Utara.

Belli menjelaskan, peluang peningkatan wisatawan nusantara masih cukup tinggi, dengan memanfaatkan pangsa kelompok masyarakat dengan pengeluaran menengah atas serta kelompok masyarakat berusia muda dan dewasa.

Setidaknya ada empat strategi yang akan ditempuh Dispar Sultra dalam mencapai target kunjungan wisnus melalui Gernas BBWI, yakni kampanye masif, integrasi dengan promo paket wisata, ketersediaan transportasi efisien dan terjangkau, dan aspek keberlanjutan.

Strategi BBWI dapat dipilah dalam bentuk tematik bulanan. Misalnya, Januari (bulan lunar festival), Februari (bulan bumi pertiwi), dan Maret (bulan Film). Pada bulan Februari, kata Belli, sebagai bagian dari tematik bulan bumi pertiwi, kita mencoba memasarkan produk wisata adventure dalam event ASEAN Tourism Fair (ATF) yang digelar di Yogyakarta 2-5 Desember 2023.

“Selain itu, kita juga memiliki dua event yang telah masuk dalam kalender wisata nasional yakni Wakatobi Wave dan  Festival Kande-Kandea di Tolandona, Buton Tengah,” tambah Belli.

Gernas BBWI juga akan diintegrasikan dengan Gerakan bangga Buatan Indonesia, misqealnya agar hotel-hotel yang ada di Sultra menggunakan produk-produk lokal atau dalam negeri, seperti sabun, shampoo, bahan makanan, dan lainnya, termasuk lagu-lagu yang didendangkan dari musisi Indonesia atau music-musik etnik/khas di daerah.

Laporan AT

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id