Metro KendariNewsPolitik & Pemerintahan

Lestarikan Budaya, Peresmian Kantor Balai Kota Kendari Dengan Prosesi Adat Mo’oli

×

Lestarikan Budaya, Peresmian Kantor Balai Kota Kendari Dengan Prosesi Adat Mo’oli

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Dalam rangka melestarikan budaya lokal suku Tolaki, peresmian Kantor Balai Kota Kendari disambut dengan prosesi adat Mo’oli.

Proses ritual ini dilangsungkan oleh Lembaga Adat Tolaki (LAT), Kamis (9/2/2023) yang dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, bersama kepala OPD, camat beserta lurah.

Ritual Mo’oli masyarakat Tolaki adalah proses yang dilaksanakan pada saat ada pembangunan gedung perkantoran, rumah tinggal, jembatan, pembuatan jalan raya dan sebagainya di tempat-tempat yang baru dibuka.

Ritual Mo’ oli ini diyakini terdapat makhluk O wali atau jin yang dipercaya menghuni tempat-tempat tertentu.

“Yang kita lakukan hari ini adalah budaya, adat-istiadat suku Tolaki, kita mintakan kantor ini sebagai sumbu pemerintahan di Kota Kendari ini, kita ingin supaya kantor ini ada manfaatnya untuk semua, bukan hanya yang ada di Kota Kendari,” papar pemuka adat tolaki, Kamis (9/2/2023).

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan ritual Mo’ oli telah sedikit menjalani pergeseran yang ditandai dengan masuknya akulturasi agama yang dalam hal ini Islam, bahwa segala sesuatu yang dilaksanakan adalah atas kehendak dan seizin Allah. Meski segala prosesnya tetap seperti ritual yang lama.

Laporan AT

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id