Metro KendariPolitik & Pemerintahan

Pemkot Kendari Sosialisasi PSPPD Tahun Perencanaan 2024

×

Pemkot Kendari Sosialisasi PSPPD Tahun Perencanaan 2024

Sebarkan artikel ini

Kendari.portal.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melaksanakan sosialisasi Peningkatan Sumber-Sumber Pembiayaan Pembangunan Daerah (PSPPD) tahun Perencanaan 2024, Kamis (6/4).

Kegiatan ini berlangsung di Ruangan Samaturu Gedung Balaikota Kendari, dihadiri oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Agus Fatoni.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Kendari mengundang Direktur Bina Keuangan daerah untuk memberikan pencerahan sekaligus sosialisasi terkait kebijakan-kebijakan keuangan daerah.

“Karena ini dirasakan perlu adanya upgrade peningkatan kapasitas kompetensi, baik kepada pimpinan maupun pelaksana ditingkat OPD sehingga frekuensinya sama pemahamannya terkait kebijakan, peraturan perundangan maupun secara teknis pelaksanaan anggaran,” ujarnya.

Asmawa berharap dengan kehadiran Direktur Bina Keuangan Daerah di Pemkot Kendari akan menjadi energi baru, menjadikan motivasi bagi pemerintah Kota kendari dalam rangka pengelolaan APBD yang akuntabel dan peningkatan pendapatan daerah dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah.

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Agus Fatoni menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan sosialisasi yang diinisiasi Pemerintah Kota Kendari.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik, dalam rangka sosialisasi peraturan perundang-undangan, sosialisasi kebijakan dan juga sekaligus peningkatan kapasitas,”l” ungkapnya.

Menurutnya, SDM itu sangat penting, karena SDM itu kemampuan mengelola uang, kemampuan mengelola program.

“Jadi ini dibahas bagaimana mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan, sumber-sumber pendapatan itu sangat banyak tetapi harus dioptimalkan, jadi ini harus dipahami bersama,”katanya.

Dikesempatan itu, dia juga menyampaikan bahwa didalam sosialisasi tersebut juga disampaikan bagaimana mengelola keuangan, agar keuangan itu tepat sasaran.

“Perencanaannya harus tepat dan akuntabilitas serta pertanggungjawabannya harus benar, agar bisa dirasakan oleh masyarakat,”pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan ini dihadiri diikuti oleh Plh Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Kemendagri, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Seluruh Kepala OPD lingkup Kota Kendari dan Direktur Perumda Kota Kendari.

Laporan AT

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id