Metro KendariPolitik & PemerintahanSerba-serbi

Pemkot Kendari Gelar Lomba 10 Program Pokok PKK Menuju Keluarga Sehat dan Produktif

×

Pemkot Kendari Gelar Lomba 10 Program Pokok PKK Menuju Keluarga Sehat dan Produktif

Sebarkan artikel ini

Kendari, portal.id – Lomba 10 Program Pokok PKK hari ke dua, berlangsung di Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia, Kelurahan Lalodati Kecamatan Puuwatu dan Kelurahan Labibia Kecamatan Mandonga, Sabtu (10/6/2023).

Penilaian pertama dilakukan di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia. Kemudian di Kelurahan Lalodati Kecamatan Puuwatu dan terakhir di Kelurahan Labibia Kecamatan Mandonga.

Kedatangan tim penilai disambut camat dan lurah setempat serta para pengurus PKK kelurahan.

Dalam proses penilaian, tim PKK di kelurahan penilaian menampilkan sejumlah persembahan seperti vokal grup, penyuluhan Pokja 1 dan simulasi pola asuh anak. Tim juga mengunjungi kebun Dasawisma, rumah sehat dan Posyandu di setiap kelurahan.

Di Kelurahan Kadia dan Lalodati tim penilai dipimpin Ketua I Bidang Karakter Keluarga Irma S Ridwansyah Taridala. Sedangkan di Kelurahan Labibia dipimpin langsung Pj Ketua TP PKK Kota Kendari Siti Chomzah Asmawa.

Di Kelurahan Labibia, Pj Ketua TP PKK Kota Kendari menyempatkan diri berkunjung ke tempat pengelolaan ulat magot yang dilakukan warga RT 05 Kelurahan Labibia.

Ulat yang berasal dari telur lalat tentara hitam (Black Soldier Fly) ini memiliki banyak manfaat karena bisa meminimalisir bau yang ditimbulkan sampah, kemudian ulat yang siap panen bisa jadi pakan ternak dan kotoran sisa pakan ulat bisa menjadi pupuk.

Ketua Dekranasda Kota Kendari ini juga memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan warga. Dia juga menyampaikan terima kasih atas sambutan meriah dari pengurus PKK dan warga Kelurahan Labibia terhadap kunjungan tim penilai lomba.

Siti Chomzah Asmawa menjelaskan, selain pengurus PKK, tim penilai juga melibatkan 10 OPD terkait untuk menyelaraskan program pokok PKK dengan program OPD terkait.

“Penilaian ini juga lebih komprehensif bukan hanya dari PKK saja namun dari semua stakeholder,”ungkap bunda Literasi ini.

Pelibatan OPD sebagai tim penilai guna memberikan informasi mengenai capaian-capaian kader PKK di wilayahnya masing-masing. Sehingga, OPD dapat memberikan sumbangsih dalam program-program PKK.

Untuk diketahui, 10 program pokok PKK yakni;

– Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

– Gotong Royong

– Pangan

– Sandang

– Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga

– Pendidikan dan Ketrampilan

– Kesehatan

– Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

– Kelestarian Lingkungan Hidup

– Perencanaan Sehat

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id