Ekonomi & BisnisNews

Pemda Konawe dan Bulog Mulai Program SIGAP SPHP, Sasar 5 Pasar

×

Pemda Konawe dan Bulog Mulai Program SIGAP SPHP, Sasar 5 Pasar

Sebarkan artikel ini

Konawe, Portal.id — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe bersama Bulog Konawe mulai menjalankan program Siap Jaga Harga di Pasar (SIGAP) Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Kamis (31/8/2023).

Sekda Konawe, Ferdinand Sapan yang didampingi Kepala Bulog Konawe dan Kadis Koperindag membuka langsung kegiatan SIGAP SPHP.

Ferdinand menuturkan, untuk di Kabupaten Konawe, program SIGAP dilakukan secara serentak di lima  pasar yaitu Pasar Sampara, Pondidaha, Wawotobi, Asinua dan Lambuya dengan mempercayakan beberapa outlet atau  pengecer yang berada di pasar-pasar tersebut untuk mendistribusikan beras SPHP.

“Harapan kami program ini memberikan manfaat untuk menjaga stabilitas harga serta kemampuan belanja masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe, dan mudah-mudahan setelah perbaikan jaringan irigasi yang rencananya per tanggal 1 September akan ada beberapa wilayah yang sudah  akan buka pintu pengairan, sehingga tiga sampai empat bulan kedepan kondisi ketersediaan pangan kita khususnya beras akan semakin bagus,” tutur Ferdy.

Sementara itu, Kepala Bulog Konawe, Abdan Djarmin menyampaikan, SIGAP merupakan program dari pemerintah melalui Bulog yang bertujuan memberikan pelayan kepada masyarakat berupa harga beras yang lebih murah, yakni Rp47 ribu per 5 kg yang biasanya di pasar dengan harga Rp55 ribu sampai Rp60 ribu.

“Bahwa kegiatan ini akan rutin dilaksanakan di setiap pasar, sifatnya bukan hanya sesaat, tetapi kontinuitas terjaga. Jadi selama program ini ada, maka selama itu pula outlet-outlet yang telah dipercayakan bekerjasama dengan pemerintah melalui Bulog akan selalu menyediakan beras SPHP ini,” ujar Djarmin


Laporan: Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id