Sulawesi Tenggara

Antisipasi Kapasitas Overload TPA Kendari, Bapaslon Rasak-Afdhal Canangkan Tempat Baru

×

Antisipasi Kapasitas Overload TPA Kendari, Bapaslon Rasak-Afdhal Canangkan Tempat Baru

Sebarkan artikel ini
Tumpukan puluhan ribu ton sampah di TPA Puuwatu, Kota Kendari
Tumpukan puluhan ribu ton sampah di TPA Puuwatu, Kota Kendari. Foto : Portal.id

Portal.id, Kendari – Kapasitas penampungan tempat pembuangan akhir sampah menjadi perhatian khusus bagi Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Abdul Rasak-Afdhal.

Ditemui portal.id di sela-sela silahturahminya dengan warga TPA Puuwatu, Rasak menyampaikan, ia bersama Afdhal telah merencanakan pembuatan TPA yang baru.

Mantan Ketua DPRD Kota Kendari dua periode itu mengungkapkan, rencana tersebut bukanlah hal baru. Dirinya mencetuskan ide itu sejak maju Pilwali Kota Kendari 2017 silam.

Calon Walo Kota Kendari, Abdul Rasak
Calon Walo Kota Kendari, Abdul Rasak saat memaparkan rencana program kerjanya dalam silahturahmi di TPA Puuwatu. Foto : Portal.id

Menurut hematnya, dengan adanya TPA yang baru akan mengurangi biaya produksi atau pengangkutan, serta dapat mengurangi polusi. Namun, rencana itu tidak dapat dieksekusi disebabkan dirinya tidak terpilih sebagai pemimpin daerah kala itu.

“Ini program saya pada saat maju yang lalu (Pilwali 2017), kita akan membuat tempat pembuangan akhir lagi di sekitar wilayah Kecamatan Abeli,” ungkap Rasak, Sabtu (21/9/2024).

“Kali ini saya dan Pak Afdhal akan melakukan kembali,” sambungnya.

Tegasnya, TPA yang baru akan menghemat waktu serta biaya pengantaran, karena pengantaran sampah tidak terpusat di satu tempat.

“Ini juga akan menampung tenaga kerja baru, dan yang terpenting ini akan mengurangi polusi udara,” tandasnya.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id