Kolaka Utara

Apel Siaga Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada, Ini Arahan Pjs Bupati Konutpati Konut

×

Apel Siaga Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada, Ini Arahan Pjs Bupati Konutpati Konut

Sebarkan artikel ini
Apel siaga kesiapan penyelenggaraan Pilkada 2024
Suasana apel siaga kesiapan penyelenggaraan Pilkada 2024 dihalaman kantor Bupati Konut. Foto : Ist

Portal.id, Konawe Utara – Pelaksana Jabatan (Pjs) Bupati Konawe Utara (Konut), La Ode Saifuddin menekankan sejumlah hal dalam Apel Siaga Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2024.

Apel yang diikuti penyelenggara dan pengawas Pemilu, aparat keamanan dan jajaran Pemda Konut ini dilaksanakan Selasa 1 Oktober 2024, di Halaman Kantor Bupati Konut.

La Ode Saifuddin mengungkapkan, apel ini dalam rangka mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan secara serentak 27 november 2024 mendatang.

Diungkapkannya juga, dalam upaya mendukung pelaksanaan Pilkada dirinya memastikan hibah dari APBD untuk KPU, Bawaslu, TNI dan Polri yang telah cairkan 100 %.

“Sarana dan prasarana untuk sekretariat PPK, Panwascam, PPS dan PKD untuk mendukung tahapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 dari tingkatan kabupaten hingga kelurahan dan desa telah disediakan,” papar La Ode Saifuddin.

Ia juga mengungkapkan jika Pemda Konut memfasilitasi pemeriksaan kesehatan dan penerbitan surat keterangan sehat jasmani dan rohani pada RSUD di Puskesmas.

“Kami mendukung sosialisasi kepada masyarakat dalam pembentukan badan ad hoc untuk penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 serta tahapan pilkada lainnya,” tegas La Ode Saifuddin.

Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tenggara Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembangunan Pemprov Sultra ini juga menyebut, sejarah telah mencatat hasil baik dalam setiap Pilkada di Konut.

Dimana, pada Pilkada Konut tahun 2015 tingkat partisipasi 88,48 % dan pada tahun 2020 jauh melampaui target nasional yang ditetapkan KPU RI sebesar 77,50 %.

“Konut dengan tingkat partisipasi sebesar 92,96 % menjadikan tingkat partisipasi Pemilu di daerah ini tertinggi nomor 1 di Sultra, dan urutan 4 nasional,” ungkap La Ode Saifuddin.

Untuk itu, lanjutnya, melalui apel siaga kesiapan penyelenggaraan Pilkada ini dirinya berharap seluruh stakeholder Pemilu dapat meminimalisir berbagai permasalahan.

Dirinya juga menekankan seluruh ASN dan kepala serta aparat desa se-Konut untuk menjaga netralitas sesuai UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Saya juga menghimbau seluruh lapisan masyarakat di Konut untuk tetap berkontribusi dalam menjaga kondusifitas daerah dan mengawal proses demokrasi di Bumi Oheo dapat berjalan dalam koridor aturan dan tata nilai yang berlaku,” pungkasnya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id