Sulawesi Tenggara

Strategis Penguatan Kolaborasi Akademik, FISIP UHO dan UNIKOM Teken MoU

×

Strategis Penguatan Kolaborasi Akademik, FISIP UHO dan UNIKOM Teken MoU

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan MoU Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UHO dan Prodi Ilmu Pemerintahan UNIKOM
Penandatanganan MoU Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UHO dan Prodi Ilmu Pemerintahan UNIKOM. Foto : Ist

Portal.id, Kendari — Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) dan Prodi Ilmu Pemerintahan, FISIP Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung resmi menandatangani memorandum of understanding (MoU), Kamis (24/10/2024).

Penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi tonggak penting dalam mempererat kerjasama akademik antara kedua institusi, terutama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FISIP UHO, Dr. Adrian Tawai, M.Si yang membuka acara ini dalam sambutannya menyampaikan, kolaborasi antar perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia merupakan satu agenda yang sangat penting.

Menurutnya, kerja sama ini bukan formalitas semata. Melainkan menjadi langkah nyata dalam memperkuat jejaring akademik.

“Kami berharap kerjasama ini akan menghasilkan output yang signifikan, baik dalam peningkatan kualitas riset bersama maupun peningkatan kualitas lulusan yang kompetitif di tingkat nasional dan internasional. Dengan semangat sinergi ini, kami yakin mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi pengembangan ilmu pemerintahan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar Adrian.

Senada dengan itu, Sekretaris Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan UHO, Asriani yang bertindak sebagai fasilitator menuturkan harapannya, bahwa kolaborasi yang dibangun dapat menjadi fondasi kuat untuk kerja sama yang berkelanjutan.

“Kami berharap melalui kerja sama ini, kedua program studi dapat saling melengkapi dan berbagi pengalaman dalam upaya memperkaya kajian ilmu pemerintahan. Kolaborasi ini juga akan memperluas jejaring akademik dan mendorong terciptanya inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat membuka peluang kerja sama lebih lanjut, seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, pelaksanaan proyek penelitian bersama, serta kolaborasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kaprodi Ilmu Pemerintahan Fisp UHO Saidin. S.IP., M.Si menambahkan, dengan adanya MoU ini, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UHO dan FISIP Unikom optimis dapat terus berkembang dan menjadi institusi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global.

Untuk diketahui, acara penandatanganan MoU ini turut dihadiri Wakil Dekan III FISIP UHO, Dr. Jopang, M.Si, Kepala Lab Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, Wakil Ketua KAPSIPI sekaligus Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unikom Dr. Dewi Kurniasih, S.IP., M. Si, Sekjur Ilmu Politik dan Pemerintahan dan Kaprodi Ilmu Pemerintahan Saidin, S.IP., M.Si serta para dosen dari Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip UHO.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id