#AdvetorialFokus Redaksi

Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemkot Kendari Luncurkan Aplikasi LULO

×

Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemkot Kendari Luncurkan Aplikasi LULO

Sebarkan artikel ini
Pemkot Kendari luncurkan Aplikasi LULO, Rabu

Kendari, Portal.id – Pemerintah Kota Kendari, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  menggelar Soft Launching Aplikasi Layanan Unggul Lewat Online (LULO) di Kendari, Rabu.
Aksi perubahan yang dirancang Kepala Bidang Pemerintahan dan Litbang Bappeda Kota Kendari, Irnayanti Bisma sebagai syarat dalam mengikuti Pelatihan kepemimpinan Administrator (PKA).
Kepala Bappeda Kota Kendari Ridwansyah Taridala, menjelaskan program ini disusun sebagai salah satu solusi mengatasi sejumlah persoalan di Bappeda yang selalu terjadi setiap tahun.
“Berangkat dari kondisi faktual di Bappeda setiap tahun di bulan Januari, Februari, Maret, April itu antrian sampai di pertengahan tahun OPD teman-teman kecamatan dan kelurahan antri di Bappeda sini, di sisi lain ruangan kita kapasitasnya terbatas,” kata Kepala Bappeda.
 

Pemkot Kendari luncurkan Aplikasi LULO

 
Menurut dia, selain didesain untuk memaksimalkan pelayanan publik kata dia, Aplikasi LULO dibuat untuk mempemperkenalkan sekaligus menjaga kearifan lokal di masyarakat.
Ia berharap aplikasi ini bisa memudahkan pelayanan pada masyarakat utamanya OPD dalam memaksimalkan pelayanan, selain itu bisa meningkatkan peran serta masyarakat dan seluruh ASN dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan yang baik di Kota Kendari.
“Harapan kita dengan aplikasi ini bisa semakin meningkatkan kualitas layanan pada masyarakat dan kualitas aparatur sipil Negara,” katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan dan Litbang Bappeda Kota Kendari, Irnayanti Bisma, selaku perancang aplikasi LULO permenjelaskan, Aplikasi LULO merupakan sebuah inovasi program pelayanan informasi perencanaan secara elektronik yang dirancang untuk memasukkan seluruh informasi terkait perencanaan dalam satu sistem aplikasi.
 
Pemkot Kendari luncurkan aplikasi LULO

 
Menurutnya aplikasi LULO dirancang untuk memudahkan akses masyarakat dan OPD dalam menerima layanan pada Bappeda Kota Kendari.
“Jenis layanan elektronik yang dimaksud salah satunya adalah menu konsultasi yang nantinya bisa diakses oleh OPD untuk memudahkan konsultasi OPD ke mitra koordinasi bidang yang ada di Bappeda,” ungkapnya.
Selain itu kata dia, dalam aplikasi ini juga terdapat menu unduhan yang di dalamnya terdapat dokumen-dokumen perencanaan dan dokumen hasil kajian yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat dan stakeholder yang membutuhkan.
Dia menambahkan, saat ini aplikasi tersebut sedang dibangun dan akan didaftarkan di play store, selanjutnya warga yang membutuhkan bisa mendownload aplikasi ini.
Sebelumnya, Pemkot Kendari telah meluncurkan berbagai aplikasi dalam rangka pemudahkan pelayanan di kota itu diantarabnya Apliasi JARI, Aplikasi Pajak Menyapa, Aplikasi SIsuanto, Aplikasi E-Proksi, Apliaksi Simper, Aplikasi L2T2, Aplikasi PPDB, aplikasi LAIKA, aplikasi Si-Mantap, aplikasi Kendari Preneur, aplikasi Si Aik Sehat, aplikasi Simpel SP2D, aplikasi LPSE, aplikasi SI-TPPNS, Aplikasi E-Library dan berbagai aplikasi lainnya.(ADV)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id