Konawe Selatan

Dirjen PPI KLHK Resmikan Kantor Manggala Agni Daops III Sulawesi

×

Dirjen PPI KLHK Resmikan Kantor Manggala Agni Daops III Sulawesi

Sebarkan artikel ini

Konawe Selatan, Portal.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) Republik Indonesia (RI) Laksmi Dhewanti meresmikan kantor Manggala Agni Daops III Sulawesi, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sulawesi di Kecamatan Andoolo Konawe Selatan (Konsel), Selasa, (24/1).
Dalam sambutannya, Dirjen Laksmi Dhewanti mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Konsel Surunuddin Dangga yang sebelumnya telah menghibahkan lahan seluas 2 hektare untuk pembangunan Kantor Manggala Agni Daops III Sulawesi sehingga kantor tersebut bisa berdiri.
Ia mengakui sejak menjadi Dirjen PPI 2019 lalu baru bisa melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah dikarenakan pandemi Covid-19.
Dikatakannya, kantor Manggala Agni mempunyai tujuan utama untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan khusus di Konsel.
“Indonesia punya tantangan yang sangat besar, yakni perubahan iklim. Indonesia bagian dari daerah yang sangat sensitif dengan bencana,” katanya.
Ia menambahkan untuk wilayah Sultra Manggala Agni Daops III Sulawesi menjadi satu-satunya kantor di Sultra yang mengawasi kebakaran hutan dan lahan di Sultra.
Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, pihaknya memang sejak awal mendukung adanya Manggala Agni di Konsel, salah satunya dengan meminjamkan gedung di stadion Konsel untuk menjadi kantor sementara Manggala Agni.
“Terima kasih atas hadirnya kantor Manggala ini di Konsel, ini merupakan satu mitra strategis kami dalam melaksanakan dan menjaga wilayah Konsel,” pungkasnya. (#)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id