Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 27 Sep 2021 ·

Ali Mazi: Tahun 2025, Semua Tanah Sudah Disertipikatkan

  ilustrasi sertipikat tanah Perbesar

ilustrasi sertipikat tanah

Portal.id-Kendari: Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi berkomitmen mendukung program pemerintah untuk mensertipikatkan seluruh bidang tanah yang ada.

Hal tersebut ditegaskannya dalam hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) di Lapangan Upacara Kantor Wilayah (Kanwil) ATR/BPN Sultra, Jumat 24 September 2021.

Menurutnya, Pemerintah, DPRD, Kanwil ATR/BPN Kabupaten/Kota, maupun para Bupati/Wali Kota, saling bahu-membahu dan bekerja sama untuk melaksanakan proses persetipikatkan tanah.

“Mudah-mudahan target pemerintah di tahun 2025, semua tanah sudah disertipikatkan, sehingga pada Hari Ulang Tahun HANTARU berikutnya kita bisa menyambut kinerja BPN yang luar biasa,” terang Ali Mazi.

Oleh karena itu, dirinya berharap program pemerintah pusat berupa pendataan dan persetipikatkan pada program Retribusi Aset Reforma Agraria dapat segera dilaksanakan.

Ia juga menyebut, penghapusan BPHTP untuk masyarakat tidak mampu, akan dibijaksanai dan dibantu langsung oleh pemerintah setempat bersama Kanwil ATR/BPN.

“Apabila masyarakat tidak mampu melakukan persetipikatkan, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota bersama BPN akan diberikan kemudahan sehingga bisa disertipikatkan dan menjadi asset,” tutur Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi Sultra, Iljas Tedjo Prijono mengatakan, pemberian sertifikat bagi masyarakat merupakan salah satu dukungan untuk pemulihan ekonomi.

Sertipikat itu, lanjutnya, setelah ada di tangan masyarakat bisa dimanfaatkan sebagai agunan untuk usaha mikro maupun usaha-usaha yang lain dan bisa membantu ekonomi masyarakat.

“PTLS tidak dipungut biaya bagi masyarakat. Dalam keadaan bukan PTLS ada kewajiban pemohon untuk membayar sebagai bentuk Penerima Negara Berpajak, baik ketika pengukuran maupun kegiatan lainnya,” tegas Iljas Tedjo Prijono.

 

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cegah Anarkisme Hukum, Demokrat Mentahkan Uji Materiil Yusril dengan Serahkan Bukti ke Kemenkumham

14 Oktober 2021 - 15:51

Wali Kota Kendari Terima Piala Kota Layak Anak

13 Oktober 2021 - 16:40

Gerak Cepat Rifki Saifullah Razak Serap Aspirasi Warga, Kantor Kelurahan Munse dan Sungai Lapulu Jadi Perhatian Serius

30 September 2021 - 22:39

Rifki Saifullah Razak

Temu Kangen Konstituen Rifki Saifullah Razak Gelar Reses di Munse Raya

30 September 2021 - 20:34

Temu Kangen Konstituen Rifki Zaifullah Razak Gelar Reses di Munse Raya

Kemendagri Berikan Nilai ‘Sangat Tinggi’ Untuk Penataan Kelembagaan Pemerintah di Sultra

28 September 2021 - 14:43

Harganas 2021, BKKBN Pusat Berikan Empat Penghargaan Bergengsi Untuk Sultra

28 September 2021 - 10:06

Trending di Politik & Pemerintahan
error: Share to copy paste !!