Kendari.portal.id – Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke 51, Selasa (28/2/2023).
Dengan tema “Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa”, upacara tersebut dipimpin Kepala KPP Kendari, Rudi dan diikuti kru KN SAR Pacitan serta Dharma Wanita persatuan.
Dalam sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian Pertolongan yg dibacakan oleh Plt KPP Kendari, Rudi mengatakan, selama 51 tahun Basarnas telah melalui berbagai tantangan dan rintangan, dinamika yang terjadi selama ini telah memperkokoh pondasi Basarnas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dibidang Pencarian dan Pertolongan.
“Pada kesempatan ini juga patut bersyukur atas capaian penghargaan yang diperoleh Basarnas antara lain, tata kelola pemerintahan baik dari aspek pengelolaan pegawai, keuangan, akuntabilitas, pelayanan publik dari kementerian PAN dan RB, Kementerian keuangan,” kata Rudi dalam siaran pers yang diterima portal.id, Selasa (28/2/2023).
“Badan Kepagawaian Negara, KASN dan Instansi Pemerintah Lainnya serta penghargaan dari ACT Consulting Internasional dengan peringkat 3 besar Lembaga dengan indeks implementasi harmonis dan peringkat ke 10 besar Lembaga dengan indeks implementasi berakhlak,” sambungnya.
Kabasarnas juga menyampaikan di masa mendatang berharap agar Basarnas dapat terus meningkatkan kinerjanya dan memberikan pelayanan Search and Rescue terbaik kepada masyarakat melalui berbagai upaya.
Ia berpesan kepada seluruh pegawai agar tetap berpedoman pada pola pikir dan budaya kerja kita, tingkatkan kompetensi, kreativitas dan inovasi disegala aspek pekerjaan serta mengikuti informasi dan teknologi yang terus berkembang.
“Tantangan di masa depan semakin berat, perubahan begitu cepat, permasalahan semakin kompleks, sulit diprediksi dan tidak menentu, oleh karenanya agar para pegawai terus meningkatkan pengetahuan, berinovasi, kembangkan ide, cepat tanggap terhadap perubahan dan tidak cepat berpuas diri,” imbuhnya.
Selain itu, dirinya juga meminta agar terus berupaya untuk meningkatkan kinerja organisasi sehingga semakin baik dan membawa dampak perubahan yang positif sehingga dirasakan oleh masyarakat khususnya penerima jasa SAR.
“Bekerjalah dengan sigap dan ikhlas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, akuntansi, kompeten, harmonis, loyal, adaptor dan berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait termasuk didalamnya potensi SAR,” tutupnya.
Laporan AT