Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 3 Sep 2021 ·

Bupati-Wakil Bupati Muna Dilantik, Gubernur Sultra Ingatkan Hal Ini

 					Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Muna Periode 2021-2026. Foto: Ewit/Diskominfo Sultra Perbesar

Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Muna Periode 2021-2026. Foto: Ewit/Diskominfo Sultra

Portal.id Kendari Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Muna Periode 2021-2026, Rusman Emba-Bahrun Labuta resmi menjabat setelah dilantik Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur pada Kamis (2/9/2021) siang.

Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi menyampaikan dan mengingatkan sejumlah hal kepada pasangan yang memenangkan Pilkada Muna pada 9 Desember 2020 lalu tersebut.

“Dengan pelantikan saudara berdua sebagai pemimpin daerah Kabupaten Muna, maka mulai saat ini saudara berdua bukan hanya milik sekelompok orang, tetapi milik seluruh masyarakat, khususnya warga masyarakat di daerah yang saudara pimpin,” kata Gubernur Ali Mazi dalam keterangan tertulisnya.

Gubernur Ali Mazi mengingatkan, setelah Rusman-Bahrun dilantik maka tak ada lagi cerita mendukung dan atau tidak mendukung. Menurutnya, seluruh masyarakat mesti mendukung pasangan yang sudah dilantik. Semua kalangan harus menyatukan niat, dan menyelaraskan gerak langkah nyata.

Gubernur Ali Mazi juga mengatakan, momentum pelantikan keduanya mesti dimaknai sebagai awal dimulainya merealisasikan janji-janji politik yang telah disampaikan pada saat kampanye di pilkada tahun 2020 yang lalu.

“Saudara berdua harus bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap masyarakat di seluruh pelosok di daerah yang saudara pimpin, bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan yang baik, yang melayani dan bukan untuk dilayani,” tegas Gubernur Ali Mazi.

Di akhir sambutannya, Gubernur selaku pembina pemerintah kabupaten/kota mengharapkan Bupati dan Wakil Bupati Muna bersama seluruh jajaran birokrasi, legislatif dan TNI/Polri, stakeholders terkait lainnya dan seluruh masyarakat, dapat bahu membahu dalam menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan.

“Mari membangun Kabupaten Muna dengan berpijak pada pesan falsafah leluhur yaitu, dapo moa moa sioho (saling mengasihi), dapo angka-angkatau (saling menghormati), dapo adha-adhati (saling menghargai), dapo pia-piara (saling asah, asih, asuh dan tenggang rasa), so kae tahaano liwu, so kataano namisi (untuk kemajuan daerah dan untuk kebaikan bersama),” pungkas Gubernur Ali Mazi.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor131.74-4027 Tahun 2021 tanggal 31 Agustus 2021 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-265 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hadir mendampingi Gubernur dalam pelantikan itu Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Sekretaris Daerah Nur Endang Abbas, unsur Forkopimda, Wakil Bupati Muna Periode 2016-2021 Muhammad Malik Ditu, sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov Sultra dan Pemkab Muna. Acara pelantikan digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Usai Lantik Pengurus DPD Partai Demokrat Secara Daring, AHY Sebut Ingin Segera ke Sultra

25 November 2021 - 10:19

Cegah Anarkisme Hukum, Demokrat Mentahkan Uji Materiil Yusril dengan Serahkan Bukti ke Kemenkumham

14 Oktober 2021 - 15:51

Wali Kota Kendari Terima Piala Kota Layak Anak

13 Oktober 2021 - 16:40

Gerak Cepat Rifki Saifullah Razak Serap Aspirasi Warga, Kantor Kelurahan Munse dan Sungai Lapulu Jadi Perhatian Serius

30 September 2021 - 22:39

Rifki Saifullah Razak

Temu Kangen Konstituen Rifki Saifullah Razak Gelar Reses di Munse Raya

30 September 2021 - 20:34

Temu Kangen Konstituen Rifki Zaifullah Razak Gelar Reses di Munse Raya

Kemendagri Berikan Nilai ‘Sangat Tinggi’ Untuk Penataan Kelembagaan Pemerintah di Sultra

28 September 2021 - 14:43

Trending di Politik & Pemerintahan