Menu

Mode Gelap
 

Otomotif & Olahraga · 29 Mar 2021 ·

Dikbud, Dispora dan Bank Sultra Kolaborasi Persiapkan Atlet POPNAS 2021

 					Kepala Dispora Sultra, Yusmin. Perbesar

Kepala Dispora Sultra, Yusmin.

Kendari, Portal.id – Tiga lembaga atau instansi yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dukbud), Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) serta Bank Sultra berkolaborasi mempersiapkan atlet yang akan diberangkatkan menuju pekan Olahraga pelajar nasional (POPNAS) pada Agustus 2021 di Palembang Sulsel dan Bangka Belitung.

Atlet yang akan dikirim pada ajang POPNAS tersebut adalah hasil seleksipada jang POPDA II Sultra yang baru saja digelar 23-27 Maret lalu yang menghasilkan 40 atlet dari 9 cabang olahraga yang akan digawangi 10 pelatih.

“Kita sudah mendapatkan anak-anak kita yang masih pelajar yang layak ikut POPNAS karena juara pada POPDA. Ini juga adalah bentuk seleksi dan kita tidak berhenti sampai di sini,” kata Kadispora Sultra, Yusmin, usai pertemuan di kantor Diknas Sultra, Senin.

Yusmin mengaku, sebelum diberangkatkan ke Palembang dan Bangka Belitung, maka semua atlet tersebut terlebih dahulu akan mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) selama dua bulan yang berpusat di Kendari.

“Karena kita akan melakukan TC, maka disinilah dibutuhkan sinergitas berbagai piohak, dalam hal ini DInas Dikbud dan pihak Bank Sultra yang siap berkontribusi,” kata Yusmin.

Dikatakan, keterlibatan Diknas Sultra karena para pelajar ini di bawah naungan Diknas, sehingga mereka harus diisinkan dari sekolahnya agar saat TC mereka dititipkan untuk belajar di sekolah yang ada di Kendari.

Sementara keterlibatan Bank Sultra kata Yusmin, mengingat untuk pelaksanaan TC ini tidak ada anggaran dari APBD maka dibutuhkan suport dari luar dalam hal ini Bank Sultra untuk menyisihkan CSRnya bagi para atlit selama pelaksanaan TC.

Sementara itu, Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan, meskipun pembinaan atlet di bawah Kadispora Sultra akan tetapi terkait dengan pendidikan adalah tanggungjawab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra.

“Saya kira ini adalah skema baru dari Pak Kadis Dispora Sultra, sebuah ide cemerlang bagaimana atlet tidak lagi mencari biaya tetapi fokus latihan mendapatkan prestasi POPNAS mendatang. Untuk waktu belajar di sekolah diberikan kelonggaran fokus pada latihan, nanti mereka dapat tambahan belajar khusus,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Dirut Bang Sultra, Abdul Latif, mengaku siap berkontribusi dalam persiapan atlet menuju POPNAS 2021.

“Kami juga memiliki perhatian besar terhadap pengembangan olahraga di daaerah ini. Salah satu buktinya, pada Perhelatan POPNAS 2021 kami memberikan bonus uang pembinaan terhadap cabor dengan total Rp64 juta,” pungkasnya.

 

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Konkep, Dompet Dhuafa Wisuda 25 Guru Peserta Program SGI Master Teacher

29 November 2021 - 00:22

Jaga Kelestarian Bahasa di Sultra, Perda Bahasa dan Sastra Disahkan

26 November 2021 - 15:53

FGD Bareng Siswa di Lima Provinsi, Japelidi Perkuat Kecakapan Digital untuk Generasi Muda di Indonesia Timur

13 November 2021 - 11:18

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Trending di Pendidikan & Budaya