Menu

Mode Gelap
 

Bisnis · 26 Agu 2021 ·

Gelar KREASI, OJK Ajak Pelajar di Sultra Menabung di Bank

  Gelar KREASI, OJK Ajak Pelajar di Sultra Menabung di Bank Perbesar

Portal.id – Kendari :  Memperingati Hari Indonesia Menabung (HIM), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara meggelar temu virtual bertajuk ‘Kejar Prestasi Anak Indonesia (KREASI).

KREASI merupakan rangkaian program nasional Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dalam rangka memperingati HIM, yang diperingati setiap Agustus.

KEJAR sendiri merupakan bentuk implementasi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 tentang HIM, yang memiliki tujuan agar setiap pelajar di Indonesia memiliki rekening sehingga budaya menabung di Lembaga Jasa Keuangan (LJK) formal dapat dilakukan sejak dini.

Gerakan menabung untuk pelajar merupakan hal yang sangat krusial mengingat jumlahnya yang besar, yaitu sekitar 65 juta pelajar, atau 25% dari total penduduk dan termasuk kategori critical economic players (pelaku ekonomi yang sangat strategis) yang perlu dibekali pemahaman keuangan yang memadai.

Kegiatan KREASI di Sultra diikuti sekitar 450 pelajar dari seluruh Kota dan Kabupaten, berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Sultra, Kantor Wilayah Kemenag Sultra dan Dikbud Sultra.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam sambutannya mengatakan bahwa penyediaan akses keuangan untuk masyarakat termasuk untuk pelajar merupakan tanggung jawab semua pihak, karena inklusi keuangan merupakan bagian penting dalam upaya pemulihan ekonomi dan pemerataan pendapatan.

“Tema perluasan akses keuangan untuk pelajar, yang dibarengi dengan upaya literasi keuangan dan perlindungan konsumen, sangatlah strategis. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024,” kata Tirta.

Hal Senada juga disampaikan Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya dihadapan 450 peserta KREASI bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk dukungan dari OJK untuk memperluas dan peningkatan akses dan literasi keuangan masyarakat di pelosok negeri, dengan implementasi program KEJAR tahun 2021.

Dalam rangkaian kegiatan KREASI bertema ”Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia” dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan, diantaranya penyerahan simbolis pembukaan 850 rekening pelajar dari PT BPD Sultra kepada SMA Negeri 4 Kendari.

Selain itu juga dilaksanakan, edukasi keuangan dan sosialisasi program KEJAR dan perlombaan dalam bentuk kuis virtual bagi para peserta zoom dari kalangan pelajar.

“Edukasi keuangan kepada masyarakat Sultra telah dilakukan OJK sejak Januari hingga Agustus 2021 berjumlah 60 Kegiatan yang terdiri dari 12 kegiatan tatap muka/luring dan 48 kegiatan secara virtual/luring dengan total masyarakat yang diedukasi sebanyak 5.680,” papar Arajaya.

Selain edukasi keuangan dalam kegiatan ini juga dirangkaikan launching buku saku edukasi keuangan berbasis budaya (Ekabaya) dari OJK Sultra oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Bapak Dr. Lukman Abunawas SH Msi.

Dalam sambutannya Lukman Abunawas yang juga menjadi salah satu narasumber pada buku Ekabaya tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan OJK Sultra.

“Karena bisa meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menabung khususnya kepada para pelajar di Sultra,” tegas Lukman Abunawas dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual pada program KREASI.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Serapan Bulog Rendah, Petani di Koltim Dibayangi “Bencana” Gabah Murah

15 Oktober 2021 - 16:27

BEI Motivasi Generasi Muda Untuk Jadi Investor di Pasar Modal Lewat Gelaran CMSE 2021

14 Oktober 2021 - 15:28

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyampaikan keynote speech CMSE 2021. Foto: Humas BEI

Bulog Sultra Jamin Ketersediaan Beras Hingga Akhir Tahun, Stok di Gudang 9 Ribu Ton

14 Oktober 2021 - 11:31

Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Kembali Buka Layanan Uang Rupiah, Berikut Jadwalnya

13 Oktober 2021 - 18:51

Ridwan BAE Tinjau Bendungan Ladongi, Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi

21 September 2021 - 10:12

Nasabah Bank Sultra Segera Nikmati Layanan Mobile Banking

15 September 2021 - 14:33

Trending di Bisnis
error: Share to copy paste !!