Menu

Mode Gelap
 

Bisnis · 18 Mar 2021 ·

Gubermur Sultra Sebut Dekranas Mitra Kerja Pemerintah Kembangkan Kerajinan Lokal

 					Gubernur Sultra, Ali Mazi saat dikukuhkan pengurus Dekranasda Sultra, DI Kendari, Kamis. Perbesar

Gubernur Sultra, Ali Mazi saat dikukuhkan pengurus Dekranasda Sultra, DI Kendari, Kamis.

Kendari, Portal.idGubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menyebutkan bahwa Dewan kerajinan nasional daerah atau Dekranas merupakan mitra pemerintah dalam mengembangkan kerajinan daerah.

“Oleh karena itu, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, selalu mendukung upaya-upaya yang dilakukan Dekranasda,” kata Ali Mazi, saat mengukuhkan pengurus Dekranasda Sultra periode 2018-2023 di Kendari, Kamis.

Dukungan tersebut kata gubernur, bukan hanya pendanaan saja, tetapi juga berupa kebijakan dalam hal penggunaan berbagai produk kerajinan di instansi pemerintah maupun swasta.

Dalam rangka mengembangkan produk-produk kerajinan daerah, Gubernur menitip  enam pesan kepada pengurus Dekranasda Sultra yang dikukuhkan yakni Dekranasda harus  terus meningkatkan inovasi dan kreatifitas dan keterampilan pengrajin agar mampu mengembangkan potensinya dan mendorong masyarakat pengrajin menjadi masyarakat produktif.

Kedua, produk kerajinan daerah harus selalu dikembangkan dan mengikuti trend dengan kualitas dan harga yang bersaing. Ketiga, memperkuat kerjasama dan sinergi dengan pihak terkait, antara lain perbankan, BUMN, BUMD, dan swasta.

“Misalnya, pengembangan kampung tenun dan fasilitas pemasaran produk kerajinan daerah secara online.
Keempat, dalam kompetisi pemasaran produk yang kian ketat di era digital saat ini, branding produk menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Dimulai dengan memasukkan unsur-unsur pendidikan, budaya, dan kreatifitas lokal,” katanya.

Sehingga dalam mempromosikan dan memasarkan produk kerajinan lanjut Ali Mazi, tidak hanya menjual produk semata tapi juga memperkenalkan nilai atau filosofis dalam sebuah produk.

Pesan kelima, Dekranasda harus dapat memfasilitasi pengrajin untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual berupa hak cipta, paten, dan merek atas berbagai karya yang mereka hasilkan, agar tidak diakui atau gampang ditiru oleh daerah lain, dan benar-benar dapat menjadi khasanah budaya yang diakui nasional dan internasional.

“Dan pesan keenam, Dekranasda diharapkan membantu para pengrajin menghasilkan berbagai produk kerajinan dan produk kreatif lainnya, yang dapat dijadikan aksesoris khas dalam mendukung kepariwisataan di Sultra,” pungkasnya.

YAng dikukuhkan sebagai ketua umum Dekranasda Sultra adalah Agista Aryani Ali Mazi dan Ketua Harian Dekranasda Sultra adalah Endang Nur Abbas.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Konkep, Dompet Dhuafa Wisuda 25 Guru Peserta Program SGI Master Teacher

29 November 2021 - 00:22

Jaga Kelestarian Bahasa di Sultra, Perda Bahasa dan Sastra Disahkan

26 November 2021 - 15:53

FGD Bareng Siswa di Lima Provinsi, Japelidi Perkuat Kecakapan Digital untuk Generasi Muda di Indonesia Timur

13 November 2021 - 11:18

Lowongan Kerja Bank Sultra Cabang Jakarta, Posisi Staff hingga Kepala Cabang

22 Oktober 2021 - 14:31

Lowongaan Kerja Bank Sultra Cabang Jakarta

Serapan Bulog Rendah, Petani di Koltim Dibayangi “Bencana” Gabah Murah

15 Oktober 2021 - 16:27

BEI Motivasi Generasi Muda Untuk Jadi Investor di Pasar Modal Lewat Gelaran CMSE 2021

14 Oktober 2021 - 15:28

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyampaikan keynote speech CMSE 2021. Foto: Humas BEI
Trending di Bisnis