Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan & Gaya Hidup · 4 Jan 2022 ·

Mulai Musim Hujan Nih, Yuk Simak Tips Aman Naik Motor ke Kantor Sambil Hujan-Hujanan

 					Mulai Musim Hujan Nih, Yuk Simak Tips Aman Naik Motor ke Kantor Sambil Hujan-Hujanan Perbesar

TIPS – Musim pancaroba seperti sekarang ini membuat kondisi klxuaca tidak menentu. Kadang bersahabat kadang bermusuhan karena derasnya hujan.

Namun meski kondisi demikian, kewajiban untuk tetap berkantor terkadang tetap harus dilaksanakan walaupun hujan membentang di depan mata.

Biar hukan gak berdampak buruk dengan kesehatan kita, ada berbagai tips aman bemotor ria menuju kantor dengan hati gembira.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan biar bisa tetap ngantor meski hujan deras melanda. Jalankan tipsnya dijamin bakal bikin bos bangga padamu.. yeeaaa

1. Pastikan Kondisi Fisik Prima

Jangan berkendara jika Anda sedang lelah, letih, kurang enak badan apalagi pusing. Berkendara dengan sepeda motor dan di musim hujan sangat berisiko jika dilakukan dalam kondisi fisik yang kurang prima.

Dinginnya suhu saat hujan justru dapat membuat fisik mudah turun. Jadi, pastikan bahwa fisik dalam kondisi prima untuk melakukan perjalanan dengan sepeda motor.

2. Ban, Rem, dan Kondisi Motor Prima

Urusan fisik beres, selanjutnya perhatikan ban, rem, lampu dan kondisi motor prima. Ketika sepeda motor yang Anda gunakan prima, perjalanan akan terasa nyaman dan lebih aman.

Untuk peralatan ini utamanya lampu depan dan lampu Zein. Karena derasnya hujan kadang membuat kedua benda penting tersebut tertutup hujan.

3. Pilih Jalanan Yang Biasa Dilewati.

Hujan kadang membuat genangan yang menutup jalan. Kondisi itu membahayakan pengendara bagi yang belum tau kontur jalannya.

Lubang kecil di jalan raya yang tertutup genangan air bisa menjadi sangat berbahaya jika dilewat karena bisa membuat kita oleng dan lalu terjatuh.

Jadi pilih Jalanan yang udah terbiasa dilewati bahkan sudah dihapal lubang dan titik berbahaya lainnya, biar tetap selamat sampai tujuan.

4. Pastikan Perlengkapan Perjalanan Siap Sedia

Jas hujan, sepatu boots, masker, helm, jaket dan kondisi motor yang baik harus siap sedia. Hindari berkendara tanpa menggunakan jas hujan, karena bisa membuat kondisi tubuh Anda mudah terserang penyakit.

Menggunakan jas hujan, usahakan untuk memilih yang nyaman, aman dan risiko air hujan tembus ke dalam sedikit. Disarankan juga agar memilih jas hujan bentuk baju yang terdiri dari kemeja serta celana untuk memudahkan bergerak selama berkendara.

5. Hujan Deras & Berangin, Harus Bagaimana?

Ketika hujan dinilai terlalu deras dan berangin, lebih baik Anda menepi dan tunggu hingga hujan reda. Menepi saat hujan deras akan membuat lebih aman jika dibandingkan dengan tetap memaksakan untuk melakukan perjalanan dan menerjang hujan.

Pilih tempat menepi yang aman dan nyaman seperti pinggir toko, di rumah warga atau di pos polisi. Hindari menepi di bawah pohon terlebih lagi pohon-pohon besar.

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Bantu Penuhi Stok di UTD PMI Sultra, Donor Darah HUT Pasar Modal Target 350 Kantong Darah

15 September 2021 - 11:47

Pemkab Koltim Fokus Tangani Stunting

3 September 2021 - 16:09

Imbas Dugaan Kebocoran Data, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Hapus Aplikasi E-HAC Versi Lama

1 September 2021 - 14:07

Pemkab Konawe Selatan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

16 Agustus 2021 - 14:06

Edukasi Warga Andounuhu Soal Obat, Mahasiswa Farmasi UHO Ajarkan Trik ‘DAGUSIBU’

14 Agustus 2021 - 12:43

6 Pola Makan Peningkat Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021 - 08:03

Trending di Kesehatan & Gaya Hidup