Menu

Mode Gelap
 

Bisnis · 30 Apr 2021 ·

OJK ajak UMKM di Sultra Manfaatkan akses pembiayaan di Bank Wakaf Mikro

  OJK ajak UMKM di Sultra Manfaatkan akses pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Perbesar

Kendari, Portal.id – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Tenggara untuk mengakses pembiayaan di Bank Wakaf Mikro (BMW) pinjaman berbasis syariah.

“Masyarakat bisa mendapatkan pinjaman berbasis syariah yang ongkosnya hanya 3 persen setahun,” kata Wimboh ketika memberikan sambutan pada penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima hibah aset miliki Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Otoritas Jasa Keuangan, di Kendari, Jumat.

Ia menyampaikan selain dapat mengakses modal usaha, manfaat lainnya adalah para pelaku UMKM juga nantinya akan mendapatkan pembinaan sehingga bisa naik kelas dan usahanya semakin maju dan berkembang ke depannya.

“Dengan bentuk kelompok 20 orang saja dan nanti dibina produksinya apa,” ujar dia.

Menurutnya, Sulawesi Tenggara memiliki produk unggulan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika pengelolaan dan pemasarannnya dilakukan dengan baik melalui digital sehingga jangkauannya lebih luas.

“Di Sulawesi Tenggara saya dengar ada banyak produk unggulan seperti mete kan nanti packing-nya bahkan nanti sampai bagaimana penjualannya, kita punya program yang namanya marketplace,” tutur Wimboh.

Kata dia, saat ini Bank Wakaf Mikro telah dibentuk di 60 titik se-Indonesia untuk membantu kinerja pelaku usaha mikro dan supermikro hingga di perdesaan. Dimana dapat diakses melalui BWM mobile.

Sebagai bagian dari pembinaan, OJK bersama dengan Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat serta dengan dukungan dari para donatur telah menginisiasi pengembangan ekosistem digital BWM yang mencakup tiga aspek utama, yaitu digitalisasi pembiayaan BWM, digitalisasi operasional BWM, dan digitalisasi pengembangan usaha nasabah BWM.

BWM sendiri merupakan lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) yang berfokus pada pembiayaan usaha masyarakat kecil yang diinisiasi OJK bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas). Setiap BWM akan menerima sekitar Rp3-4 miliar yang bersumber dari donatur yang bisa berasal dari semua kalangan atau perusahaan.

Pembiayaan bagi nasabah BWM untuk tahap awal sebesar Rp1 juta dengan biaya administrasi 3 persen/tahun.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lowongan Kerja Bank Sultra Cabang Jakarta, Posisi Staff hingga Kepala Cabang

22 Oktober 2021 - 14:31

Lowongaan Kerja Bank Sultra Cabang Jakarta

Serapan Bulog Rendah, Petani di Koltim Dibayangi “Bencana” Gabah Murah

15 Oktober 2021 - 16:27

BEI Motivasi Generasi Muda Untuk Jadi Investor di Pasar Modal Lewat Gelaran CMSE 2021

14 Oktober 2021 - 15:28

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyampaikan keynote speech CMSE 2021. Foto: Humas BEI

Bulog Sultra Jamin Ketersediaan Beras Hingga Akhir Tahun, Stok di Gudang 9 Ribu Ton

14 Oktober 2021 - 11:31

Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Kembali Buka Layanan Uang Rupiah, Berikut Jadwalnya

13 Oktober 2021 - 18:51

Ridwan BAE Tinjau Bendungan Ladongi, Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi

21 September 2021 - 10:12

Trending di Bisnis
error: Share to copy paste !!