Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan & Gaya Hidup · 16 Jul 2021 ·

Pedagang Hewan Kurban di Kendari Diedukasi Jelang Idul Adha

  Dinas Pertanian Kota Kendari Pantau Kesehatan Hewan Kurban di 11 Kecamatan. (Foto: Ist) Perbesar

Dinas Pertanian Kota Kendari Pantau Kesehatan Hewan Kurban di 11 Kecamatan. (Foto: Ist)

Portal.id Kendari Menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Pertanian Kota Kendari mengedukasi para pedagang hewan kurban. Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Siti Ganef pada Kamis (15/7/2021).

“Jadi kami bergerak serentak mulai H-6 Idul Adha. Tujuannya tentu untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan kurban yang dijual pedagang,” terang Siti Ganef saat turun langsung ke lokasi penjualan hewan kurban.

“Jika ditemukan sakit atau hewan memiliki kelainan fisik/cacat itu langsung kita amankan karena tidak layak untuk dikonsumsi,” sambung Siti Ganef.

Siti Ganef mengedukasi para pedagang hewan kurban agar memperhatikan kualitas jualannya. Ia pun menyarankan agar mengutamakan prinsip ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) dalam menjual hewan kurban.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Rakas Farm Agum Prawira menyambut baik monitorin kesehatan hewan kurban yang dilaksanakan Distan Kendari. Menurutnya, giat tersebut sangat membantu pihaknya dalam memproteksi hewan kurban yang tidak layak dijual kepada masyarakat.

“Biasaya kami hanya melihat dari sisi fisiknya saja. Kalau besar pasti sehat. Padahal belum tentu. Pemeriksaannya meliputi antemortem dan post mortem,” kata Agum.

“Kita diedukasi bagaimana cara mengenali hewan kurban sedang sakit. Kalau ada tentu tidak dijual. Alhamdulillah ditempat kami tidak ada temuan. Semua ternak yang kami jual sehat dan siap untuk dijadikan hewan kurban,” sambung Agum.

Agum mengaku hewan kurban (Sapi) yang didagangkannya berasal dari peternakan sapi di Konawe Selatan. Ia memastikan sapi yang dijual dalam keadaan sehat dan tidak stres karena jarak antar yang tidak terlampau jauh jika dibandingkan sapi yang didatangkan dari daerah lainnya.

“Salah satu penyebab sapi sakit karena stres akibat lama dalam perjalanan. Lokasi peternakan kami dekat dari Kendari, berada di Kecamatan Moramo Utara atau hanya menempuh jarak sekira 45 menit. Selain itu harganya terjangkau mulai Rp 11 jutaan,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bantu Penuhi Stok di UTD PMI Sultra, Donor Darah HUT Pasar Modal Target 350 Kantong Darah

15 September 2021 - 11:47

Pemkab Koltim Fokus Tangani Stunting

3 September 2021 - 16:09

Imbas Dugaan Kebocoran Data, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Hapus Aplikasi E-HAC Versi Lama

1 September 2021 - 14:07

Pemkab Konawe Selatan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

16 Agustus 2021 - 14:06

Edukasi Warga Andounuhu Soal Obat, Mahasiswa Farmasi UHO Ajarkan Trik ‘DAGUSIBU’

14 Agustus 2021 - 12:43

6 Pola Makan Peningkat Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021 - 08:03

Trending di Kesehatan & Gaya Hidup
error: Share to copy paste !!