Menu

Mode Gelap
 

Otomotif & Olahraga · 21 Apr 2021 ·

Selama Ramadhan, BLK Kendari Buka Lima Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Institusional

 					BLK Kendari Buka pelatihan berbasis kompetensi institusional, Rabu. Perbesar

BLK Kendari Buka pelatihan berbasis kompetensi institusional, Rabu.

Kendari, Portal.id – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali membuka lima paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Institusional Non Boarding Tahap V di Aula Besar BLK Kendari, Rabu.

Lima paket pelatihan yang diselenggarakan tersebut yaitu Teknisi Instalasi Tenaga II, Penggambaran 2D Sistem CAD I, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa III, Service Sepeda Motor Konvensional I, dan Audio Video. Total peserta yang ikut dalam pelatihan sebanyak 80 orang, terdiri dari 16 orang setiap paketnya.

“Alhamdulillah, meski di Bulan Ramadhan kami masih tetap bisa menjalankan proses pelatihan dan kali ini kami buka lima paket lagi,” kata Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu dalam sambutannya.

Ia sangat berharap banyak terhadap para peserta untuk sungguh-sungguh mengikuti proses pelatihan, sehingga mampu mneguasai materi dan praktek dari ilmu yang diajarkan para instruktur.

“Mengikuti pelatihan di sini, para peserta pelatihan harus bisa menjadi lebih baik, karena mereka memiliki tambahan ilmu pengetahuan, keterampilan dan disiplin yang tinnggi. Tiga hal ini juga merupakan bagian dari indikator kelulusan siswa dinyatakan kompeten,” katanya.

Menurut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ini, ada empat kecerdasan yang perlu dikuasai agar bisa meraih kesuksesan dengan baik. Empat kecerdasan itu adalah kecerdasan intelektual, spritual, emosional dan sosial.

Kecerdasan inteketual kata dia, merupakan bentuk dari penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan, kecerdasan spritual bentuk dari ketaatan dalam beribadah, kecerdasan emosional bentuk dari pengendalian diri, dan kecerdasan sosial bentuk dari pembawaan diri.

“Insya Allah kalau kita mampu menguasai ini jalan kesuksesan sudah terbuka, tinggal usaha yang menjadi penentunya. Saya juga sangat berharap kepada para peserta yang kini telah menggunakan seragam seperti saya dan secara otomatis telah menjadi bagian dari keluarga besar Kemnaker RI untuk sungguh-sungguh mengikuti semua prosesnya,” katanya.

Olehnya itu, orang nomor satu di BLK Kendari ini berharap agar para peserta dapat menjaga nama baik BLK Kendari selama proses pelatihan dan bahkan setelah lulus.

Kemudian, menunjukan sikap yang baik selama proses pelatihan, agar menjadi cerminan kepada masyarakat umum dan juga mampu mempertanggungjawabkan sertifikat kompeten yang dikeluarkan BLK Kendari dan BNSP, ketika telah masuk di dunia usaha atau industri.

“Jika para siswa melakukan itu maka kami sebagai keluarga memiliki tanggung jawab juga terhadap mereka. Kami, tetap melakukan pengawasan terhadap perkembangan para siswa sejak proses hingga menjadi alumni dan kami akan membantu mereka untuk mendaptkan pekerjaan sesuai keterampilannya,” katanya.

Ia juga mengaku bahwa pihaknya memiliki Grup Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri (FKLPI) yang didalamnya terdiri dari para pemilik usaha di Sultra.

“Jika membutuhkan tenaga kerja mereka akan meminta kepada BLK Kendari terlebih dahulu untuk menyiapkan tenaga kerjanya,” pungkasnya.

Diketahui, pembukaan pelatihan tahap V dengan lima paket pelatihan dibuka langsung Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu, didampingi Kadis UKM Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Buton Utara, Tayeb SIP, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha BLK Kendari, Mukasir A. S.E, Sub Koordinator Pemberdayaan, Ir Nurjayanti, Sub Koordinator Penyelenggara Fira Febrianti S.Si dan bebeberapa instruktur dari kejuruan yang dibuka.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Konkep, Dompet Dhuafa Wisuda 25 Guru Peserta Program SGI Master Teacher

29 November 2021 - 00:22

Jaga Kelestarian Bahasa di Sultra, Perda Bahasa dan Sastra Disahkan

26 November 2021 - 15:53

FGD Bareng Siswa di Lima Provinsi, Japelidi Perkuat Kecakapan Digital untuk Generasi Muda di Indonesia Timur

13 November 2021 - 11:18

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Trending di Pendidikan & Budaya