Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Budaya · 24 Jan 2022 ·

Siswa di Kota Kendari dan Konsel Donasi 1000 Kado Untuk Siswa di Pesisir Sultra, Disalurkan Melalui Dompet Dhuafa

 					Siswa di Kota Kendari dan Konsel Donasi 1000 Kado Untuk Siswa di Pesisir Sultra, Disalurkan Melalui Dompet Dhuafa Perbesar

PORTAL.ID – Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan 1000 kado untuk siswa di sejumlah wilayah pesisir di Sultra. melalui program bertajuk ‘Kado Awal Tahun’.

Kado yang disalurkan melalui program bertajuk ‘Kado Awal Tahun’ ini berisi ransel, seragam, tumbler, buku tulis, pulpen, pensil, mistar dan buku iqra.

Keenam wilayah pesisir yang menjadi sasaran yakni Kabupaten Muna, Muna Barat, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Wakatobi, dan Bombana.

Manager Fundraising Dompet Dhuafa Sultra Hasmin Roy Amin menuturkan, kado tersebut dibeli dari donasi siswa di sejumlah sekolah di Kota Kendari dan Konawe Selatan.

Para donatur diantaranya siswa di PAUD dan SD Ummushabri, SD IT Insantama Kendari, SD IT Al Qalam, Yayasan AL Fath Kendari, SD Khairu Ummah Kendari, SD 68 Kendari, MIS 3 Konsel serta SD Raudhatul Jannah Konsel.

“Sebagian besar dana donasi kado awal tahun ini bersumber dari para siswa sekolah tersebut,” kata Hasmin Roy dalam keterangan persnya, Senin 24 Januari 2022.

Menurutnya, Dompet Dhuafa Sultra sengaja mengajak siswa agar senantiasa aktif berdonasi untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Dengan mengenalkan sejak dini pentingnya bedonasi, maka diharapkan bisa melahirkan rasa kepedulian terhadap yang kurang mampu.

“Pesan moral yang ingin kami tanamkan, anak anak harus peduli dengan saudara saudaranya, sehingga mereka menyisihkan sebagian uang jajannya untuk membelikan kado bagi saudaranya yang kurang mampu yg ada di pesisir Sultra,” terang Hasmin.

Hasmin juga mengungkapkan, sekolah di daerah pesisir sengaja dipilih sebagai sasaran karena menjadi kawasan yang turut terdampak pandemi.

Selain itu, kondisi pendidikan di wilayah pesisir juga kerap tidak mendapatkan perhatian dan dukungan yang cukup dari pemerintah, khususnya dimasa pandemi.

“Para siswa di perkotaan umumnya mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan, sedangkan banyak anak anak di pesisir yang belum, bahkan luput dari pandangan kita,” ujar Hasmin.

Ia juga menjelaskan, untuk menyemarakkan program ini, dalam penyalurannya bakal melibatkan chef La Ode MCI8, alumni master chef season 8.

“Kegiatan ini memang diinisiasi Dompet Dhuafa Sultra bersama La Ode Master Chef, dengan memandang latar belakang dampak covid 19 terhadap dunia pendidikan,” ungkap Hasmin.

Untuk skema penyalurannya, kata Hasmin, tiap daerah akan dipilih 2 hingga 4 sekolah sebagai sasaran penerima manfaat Kado Awal Tahun.

Adapun siswa yang yang menjadi target berasal dari kalangan kurang mampu pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Distribusi kado rencananya mulai 24 Januari 2022 dimulai dari Muna Muna Barat Buton Utara Kendari Konkep Wakatobi dan finish di Bombana.

Ekspedisi Kado Awal Tahun untuk mengantarkan kado ke siswa di pesisir ini didukung Kampong Bakau, Air Mineral LT, Gerbang Insan Mandiri, dan Agro wisata Qurata’ain , serta beberapa sejumlah lembaga lainnya.

Agenda ini rencananya diikuti tim volunteer Dompet Dhuafa Sultra serta anggota komunitas relawan yang tergabung dalam program tersebut.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar hingga akhir, dan tentu bermanfaat serta berdampak kepada para siswa yang ada di pesisir Sultra,” pungkas Hasmin. /P:02

Artikel ini telah dibaca 111 kali

Baca Lainnya

Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku UKM di Labuan Bajo, Mahasiswa ITK Avicenna Modernisasi Usaha Lewat Program Wira Desa

18 Desember 2021 - 15:08

Giat Program Wira Desa, Mahasiswa ITK Avicena Dongkrak Kesejahteraan Pelaku UKM di Desa Sindangkasih

15 Desember 2021 - 11:54

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Konkep, Dompet Dhuafa Wisuda 25 Guru Peserta Program SGI Master Teacher

29 November 2021 - 00:22

Jaga Kelestarian Bahasa di Sultra, Perda Bahasa dan Sastra Disahkan

26 November 2021 - 15:53

FGD Bareng Siswa di Lima Provinsi, Japelidi Perkuat Kecakapan Digital untuk Generasi Muda di Indonesia Timur

13 November 2021 - 11:18

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Trending di Fokus Redaksi