Menu

Mode Gelap
 

Bisnis · 22 Apr 2021 ·

VDNI Berkontribusi Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Warga Sekitar

  Industri PT VDNI di Morosi Konawe Perbesar

Industri PT VDNI di Morosi Konawe

Konawe, Portal.id – Kehadiran sebuah industri di suatu daerah tentunya diharapkan bisa memicu dan mendongkrak tingkat kesejahteraan warga yang bermumkin di sekitar industri tersebut.

Harapan itu sudah ditunjukkan oleh PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) yang hadir di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak 2014.

Perusahaan itu telah berhasil membuat banyak perubahan dari segi infrastruktur hingga berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan industri tersebut.

Camat Morosi, Suryani Saranani, mengaku sejak hadirnya perusahaan tersebut sangat banyak sekali perubahan yang terjadi di lingkungan kecamatan Morosi, khususnya dari segi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya tidak bisa pungkiri dengan adanya perusahaan ini peningkatan ekonomi masyarakat sangat signifikan, dampak positifnya,” ujar Suryani.

Sebagai pimpinan tertinggi di kecamatan Morosi, Suryani sangat bangga dengan datangnya perusahaan tersebut, pasalnya dengan adanya perusahaan masyarakat dapat memiliki penghasilan yang cukup.

“Saya hanya bangga dengan adanya perusahaan, masyarakat saya dapat dipekerjakan di sana karena andil mereka sudah cukup besar,” ungkapnya.

Lanjutnya, perubahan besar juga sangat terlihat seperti dahulu banyak masyarakat yang masih menggunakan atap rumbia untuk rumahnya, namun saat ini hampir sudah tidak dapat ditemui di Morosi seiring dengan meningkatnya kemampuan ekonomi masyarakat.

“Bangunan masyarakat untuk perumahan juga secara pelan-pelan mereka adakan renovasi, itu semua dampak daripada perusahaan, apalagi dengan adanya pandemik ini kita tahu persis tetapi alhamdulillah untuk masyarakat morosi yang kerja disana masih aman,” paparnya.

Suryani menyampaikan harapannya bahwa perusahaan harus menciptakan suasana yang nyaman antara masyarakat dengan perusahaan manapun dengan pemerintah. Untuk itu koordinasi dan komunikasi hal yang sangat penting.

“Kami juga harap perusahaan ini bagaimana hubungan silaturahim masyarakat dengan pemerintah selalu harmonis, dan juga ketika ada keluhan masyarakat harus cepat ditanggapi jangan sampai timbul riak-riak baru ada action, jangan ada masalah baru dicari pemerintah,” pungkasnya.

Camat Kapoiala, Muhammad Shobri Rustam, juga mengungkapkan hal yang sama seperti diutarakan Camart Morosi, bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan ketika sebelum dan sesudah adanya PT VDNI.

“Perubahan besar, baik di tingkat usaha keluarga maupun di tingkat kesejahteraan. Di beberapa desa di Kecamatan Kapoiala memang sudah mulai bagus pendapatan mereka cukup. Alhamdulillah bisa mencukupi hidup dan menyekolahkan anak-anak,” ungkapnya.

Selain itu, dari sisi tenaga kerja ia merasa juga sangat membantu keluarga di lingkungan Kapoiala baik dari sisi ekonomi hingga mengurangi kriminalitas karena telah banyak warga yang terserap menjadi tenaga kerja, sehingga mengurangi tingkat pengangguran di sana.

“Ada rasa kebanggaan sebagai keluarga disini, ketika ada keluarga di Kecamatan Kapoiala secara keseluruhan, artinya ini juga mengurangi kenakalan, tidak ada lagi nongkrong sampai malam, mereka fokus kerja ini sangat membantu kami juga, mengurangi tingkat kriminalitas,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lowongan Kerja Bank Sultra Cabang Jakarta, Posisi Staff hingga Kepala Cabang

22 Oktober 2021 - 14:31

Lowongaan Kerja Bank Sultra Cabang Jakarta

Serapan Bulog Rendah, Petani di Koltim Dibayangi “Bencana” Gabah Murah

15 Oktober 2021 - 16:27

BEI Motivasi Generasi Muda Untuk Jadi Investor di Pasar Modal Lewat Gelaran CMSE 2021

14 Oktober 2021 - 15:28

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyampaikan keynote speech CMSE 2021. Foto: Humas BEI

Bulog Sultra Jamin Ketersediaan Beras Hingga Akhir Tahun, Stok di Gudang 9 Ribu Ton

14 Oktober 2021 - 11:31

Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Kembali Buka Layanan Uang Rupiah, Berikut Jadwalnya

13 Oktober 2021 - 18:51

Ridwan BAE Tinjau Bendungan Ladongi, Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi

21 September 2021 - 10:12

Trending di Bisnis
error: Share to copy paste !!