Menu

Mode Gelap
 

Fokus Redaksi · 24 Sep 2021 ·

Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Hari Jumat Sesuai Sunnah Rasullullah

  Berdoa. Foto: amaliyah.net Perbesar

Berdoa. Foto: amaliyah.net

Portal.Id: Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat muslim. Salah satu keistimewaan dari Hari Jumat tersebut yakni disebut sebagai hari yang paling mustajab untuk berdoa, dan dijamin akan terkabulnya doa.

Hal itu sesuai dengan hadist Rasulullah SAW: Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya.” Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata; ‘Yaitu beliau menyempitkannya.” (HR Bukhori dan Muslim)

Meski telah dijamin keistimewaanya, rupanya ada waktu terbaik sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, sebagai waktu yang bisa dipilih di hari Jumat.Dalam siaran YouTube Taman Surga.Net, mendiang Syekh Ali Jaber menuturkan bahwa di waktu tersebut doa tidak akan ditolak.

Syekh Ali Jaber berpendapat, ada beberapa pemahaman tentang hadist yang kuat untuk merujuk hal tersebut. Dan menurutnya, hadist yang paling kuat menyebutkan waktu terbaik yakni ada satu jam yang terakhir pada sore hari di satu jam sebelum waktu maghrib.

“Kira-kira kalau kita hitung, kalau waktu maghrib jam 18.00, berarti mulai dari jam 17.00,” kata Syekh Ali Jaber. Berdoa tidak harus dalam satu jam sebelum maghrib, bisa hanya beberapa menit namun masih dalam satu jam tersebut.

Hal tersebut juga disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan Imam Ahmad juga menjelaskan waktu doa yang mustajab di hari Jumat adalah setelah ashar, Rasulullah SAW bersabda: “Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah Ashar.” (HR. Ahmad).

Tidak hanya berdoa, hari Jumat juga dalam banyak riwayat hadist Rasulullah SAW dipandang sebagai hari yang istimewa untuk malakukan beragam kebaikan dan amalan sehingga dijuluki sayyidul ayyâm atau rajanya hari. Dengan kata lain, Jumat menduduki posisi paling utama di antara hari-hari lainnya dalam sepekan.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bocah Penambang Pasir Tewas di Sungai Malaoge Buton

19 Oktober 2021 - 09:44

Bulog Sultra Jamin Ketersediaan Beras Hingga Akhir Tahun, Stok di Gudang 9 Ribu Ton

14 Oktober 2021 - 11:31

PT Alam Nikel Abadi Serahkan Bantuan Sepatu Boot Untuk Masyarakat di Desa Tapunggaya

14 Oktober 2021 - 05:26

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Presiden Jokowi Bagikan Sertipikat Tanah Untuk Warga Sultra

24 September 2021 - 10:56

Ridwan BAE Tinjau Bendungan Ladongi, Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi

21 September 2021 - 10:12

Trending di Bisnis
error: Share to copy paste !!