Kesehatan & Gaya Hidup

20 Ribu Perawat dan 3 Ribu Dokter Baru untuk Pandemi Covid-19 di Indonesia

×

20 Ribu Perawat dan 3 Ribu Dokter Baru untuk Pandemi Covid-19 di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (Foto: Kemenkes RI)

Portal.id – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan perlunya tambahan tenaga perawat dan dokter dalam penanganan pandemi Covid-19.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengaku, pihaknya sudah melakukan identifikasi untuk kebutuhan tenaga perawat baru antara 16 ribu sampai 20 ribu.

“Kita sudah mempersiapkan dan mengidentifikasi tenaga-tenaga perawat yang sudah lulus sekolahnya, sudah lulus juga uji kompetensi nya, dan masih di tingkat akhir,” terang Budi Gunadi Sadikin dilansir dari laman kemkes.go.id pada Selasa (13/7/2021).

“Atas instruksi bapak Presiden nanti kami akan bicara dengan Bapak Menteri Pendidikan bagaimana bisa menggerakkan perawat-perawat ini lebih cepat masuk ke praktik,” sambungnya.

Sementara untuk dokter, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengaku ada gap sekitar 3 ribuan dokter yang diperlukan dengan penambahan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Kita juga melihat bahwa dokter-dokter yang akan selesai internshipnya di tahun ini ada sekitar 3.900. Jadi kita juga sudah mempersiapkan dokter-dokter tersebut yang baru lulus dan bersiap untuk segera masuk (bertugas menangani pasien COVID-19),” terang Menkes Budi Gunadi Sadikin.