NewsSerba-serbi

Lakukan Kurasi Proposal Film, Dispar Sultra Seleksi 10 Karya Sineas Lokal

×

Lakukan Kurasi Proposal Film, Dispar Sultra Seleksi 10 Karya Sineas Lokal

Sebarkan artikel ini
Kurasi proposal film para sineas oleh tim juri Dispar Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa.

Kendari, Portal.id — Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melaksanakan kurasi film karya para sineas lokal, Senin (10/7/2023).

Sebanyak 10 karya film dari para sineas dinyatakan lolos pada seleksi, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari.

Kurasi film dimaksudkan untuk mengelola serta mengeksplorasi karya film para sineas lokal Sultra. Dari 17 proposal film yang terdaftar, ada 10 film yang dinyatakan seleksi tahap pertama ini. Seleksi akan dilakukan hingga menghasilkan 3 film terbaik.

Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif Dispar Sultra, Syamsinar Syasah menuturkan, kurasi film ini merupakan tahap pertama dari tiga kegiatan yang dikhususkan untuk mengembangkan Sultra.

Kurasi film dikhususkan bagi para sineas lokal untuk mengajukan proposal karya film dengan durasi pendek yang nanti menceritakan budaya dan wisata di Bumi Anoa.

“Kurasi film ini kita harapkan dapat menumbuh kembangkan gairah para sineas dalam berkarya dan mengangkat wisata dan budaya Sultra melalu perfilman,” ucap Syamsinar.

Dia menjelaskan, kurasi film melalui beberapa tahapan mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, penjurian dan pembuatan film. Tiga film pemenang nantinya bakal dibiayai oleh Dispar dalam pembuatan film pendek.

“Nanti film mereka bakal ditayangkan perdana di bioskop Hollywood Kendari,” terangnya.

Untuk diketahui, kurasi proposal film merupakan kegiatan perdana dari tiga agenda Dispar Sultra. Nantinya, akan ada kegiatan festival film Wakatobi, dan pembuatan film layar lebar. Ketiga event tersebut merupakan kesinambungan rangkaian kegiatan yang dilakukan Dispar Sultra guna mengangkat perfilman lokal.

“Kita berharap tercipta film yang keren dengan perwajahan Sultra, para sineas dapat terpacu untuk membuat sebuah produk film yang berkualitas dan film tersebut dapat diikutsertakan pada festival film yang ada,” pungkasnya.

 

Laporan: Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id