Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan & Gaya Hidup · 12 Jul 2021 ·

6 Buah yang Baik untuk Program Diet

  Ilustrasi. (Freepik) Perbesar

Ilustrasi. (Freepik)

Portal.id – Buah-buahan merupakan makanan dari alam yang kaya nutrisi. Umumnya buah mengandung vitamin, serat, dan berbagai mineral yang baik saat melakukan program diet.

Buah juga rendah kalori sehingga dapat membantu mempercepat turunnya berat badan. Selain itu, buah dapat pula menurunkan risiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.

Berikut 6 buah yang baik untuk 6 program diet:

Semangka
Semangka merupakan buah yang baik untuk diet karena ia mengandung banyak air. Kandungan ini bukan hanya akan membuat tubuh tetap terhidrasi, tetapi juga kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain dikonsumsi sebagai camilan di sela-sela makan besar, semangka juga dapat dijadikan campuran dalam salad.

Pisang
Pisang merupakan buah untuk diet yang baik. Untuk program diet, mengonsumsi 1-4 buah pisang dapat dilakukan sebagai menu sarapan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, pilihlah pisang yang berukuran sedang dan tidak terlalu matang. Pisang dapat menjadi sumber energi yang baik pada orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan maupun selepas berolahraga.

Apel
Apel juga merupakan buah untuk diet yang menjadi favorit banyak orang. Selain memiliki tekstur yang renyah, manis, dan berair, buah apel juga bisa membuat merasa kenyang lebih lama. Buah apel kaya akan serat dan air.

Jeruk
Jeruk pada dasarnya mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jeruk dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus membantu mengurangi berat badan.

Blueberry
Semua jenis buah berry baik dikonsumsi saat diet, termasuk blueberry. Blueberry mengandung 83 kalori per satu porsi sajiannya. Blueberry juga dapat membuatkenyang lebih lama sekaligus memperlancar metabolisme yang dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh.

Pir
Pir baik untuk diet karena kandungan serat pektin di dalam daging buahnya. Pektin terbukti dapat menekan nafsu makan, sedangkan serat bisa membuat merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, buah pir juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Jadi ketika memakan buah pir saat diet, dapat sekaligus melindungi jantung.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Bantu Penuhi Stok di UTD PMI Sultra, Donor Darah HUT Pasar Modal Target 350 Kantong Darah

15 September 2021 - 11:47

Pemkab Koltim Fokus Tangani Stunting

3 September 2021 - 16:09

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Imbas Dugaan Kebocoran Data, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Hapus Aplikasi E-HAC Versi Lama

1 September 2021 - 14:07

Trending di Kesehatan & Gaya Hidup
error: Share to copy paste !!