Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan & Gaya Hidup · 1 Agu 2021 ·

6 Pola Makan Peningkat Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19

 					6 Pola Makan Peningkat Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19 Perbesar

Portal.id – Sistem imun tubuh sangat penting, apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk menjaga sistem imun tubuh dengan cara memperhatikan pola makan setiap hari.

Berikut 6 pola makan peningkat imun tubuh yang disadur dari detikfood:

1. Perhatikan Asupan Vitamin D

Vitamin D memiliki peran yang penting untuk sistem imun dan keseimbangan hormon di dalam tubuh. Sumber vitamin D yang paling baik bisa didapatkan melalui sinar matahari dan beberapa makanan alami seperti buah dan sayur.

Vitamin juga banyak tersedia dalam bentuk suplemen multivitamin maupun terdapat pada aneka makanan yang telah difortifikasi atau ditambahkan kandungan nutrisinya. Namun, bahan makanan alami sumber vitamin D jauh lebih baik untuk dikonsumsi misalnya seperti kuning telur, lemak ikan, jeroan hingga berbagai jenis jamur.

2. Perbanyak Konsumsi Bawang Putih

Di balik rasa getirnya yang terkadang mengganggu, bawang putih punya banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Bawang putih dikenal juga sebagai salah satu makanan super atau superfood yang memiliki banyak komponen yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara luas.

Bawang putih dapat mengobati beberapa penyakit dan juga meningkatkan sistem imunitas. Konsumsi bawang putih bisa berupa menambahkan bubuk bawang putih dalam makanan, cincangan bawang putih segar atau bahkan melalui konsumsi pil bawang putih yang dibentuk ke dalam kapsul.

3. Konsumsi Probiotik

Pola makan peningkat imun selanjutnya adalah konsumsi probiotik. Probiotik merupakan organisme bermanfaat yang hidup di dalam usus dan berperan penting dalam imunitas tubuh. Usus yang sehat dengan keberagaman probiotik tinggi di dalamnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

Probiotik didapat melalui konsumsi berbagai makanan yang telah difermentasi seperti acar, yogurt atau kefir. Makanan-makanan fermentasi tersebut dapat membantu sistem pencernaan menjadi optimal sehingga kesehatan usus akan terus terjaga dan berdampak pada meningkatnya imunitas tubuh untuk mencegah infeksi Covid-19.

4. Rutin Minum Teh

Khasiat teh terutama teh chamomile dan teh hijau telah banyak diteliti oleh ahli dan terbukti ampuh untuk membantu menguatkan imunitas. Kandungan antioksidan yang begitu tinggi dan unik dalam teh dikatakan menjadi komponen utama untuk membantu menguatkan sistem imun tubuh.

Mencampurkan bahan-bahan alami berkhasiat lainnya seperti madu atau membuat teh jahe juga dikatakan cukup ampuh untuk menjaga kesehatan dan menguatkan imunitas tubuh. Setidaknya meminum teh sebanyak 1 hingga 3 cangkir per hari akan berdampak baik untuk mendapatkan antioksidan dan melindungi tubuh dari jangkitan virus.

5. Hindari Makanan Olahan dan Pemanis Tambahan

Pola makan peningkat imun juga termasuk menghindari makanan tidak sehat seperti makanan olahan. Tetapi makanan olahan tidak cukup sehat untuk dikonsumsi secara rutin karena kadar garamnya yang tinggi serta bahan-bahan tambahan rendah nutrisi yang kurang bermanfaat untuk tubuh.

Selain makanan olahan, pemanis tambahan yang juga biasanya ditemukan dalam makanan kemasan juga sebaiknya dihindarkan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan meminimalisir dampak buruk dari makanan yang kurang bernutrisi. Makanan olahan dan pemanis tambahan ini justru menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh bahkan mampu menurunkan imunitasdan memengaruhi keseimbangan hormon.

6. Rutin Berolahraga Ringan

Saat tubuh mulai terasa kurang begitu baik sedikit olahraga ringan seperti berjalan-jalan sekitar rumah atau gerakan-gerakan ringan. Jika tanda-tanda sakit mulai dirasakan hindari untuk memaksakan diri melakukan olahraga yang cukup erat karena hal tersebut justru akan memperparah kondisi tubuh.

Sempatkan waktu untuk sekadar duduk di halaman rumah dan berjemur di bawah sinar matahari serta mendapatkan udara segar untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Tetap tinggal di rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah bukan berarti hanya bisa duduk-duduk atau berbaring yang justru membuat kebugaran tubuh bisa menurun.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jaga Kelestarian Bahasa di Sultra, Perda Bahasa dan Sastra Disahkan

26 November 2021 - 15:53

FGD Bareng Siswa di Lima Provinsi, Japelidi Perkuat Kecakapan Digital untuk Generasi Muda di Indonesia Timur

13 November 2021 - 11:18

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Bantu Penuhi Stok di UTD PMI Sultra, Donor Darah HUT Pasar Modal Target 350 Kantong Darah

15 September 2021 - 11:47

Pemkab Koltim Fokus Tangani Stunting

3 September 2021 - 16:09

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Trending di Pendidikan & Budaya