Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan & Gaya Hidup · 13 Jul 2021 ·

8 Minuman Sehat Penurun Berat Badan

  Ilustrasi. (Foto: Portal.id) Perbesar

Ilustrasi. (Foto: Portal.id)

Portal.id – Ada beragam minuman sehat yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, mulai dari jus sayuran, buah, teh hijau, hingga sekadar air putih.

Tak hanya dari makanan berserat dan aktivitas fisik, mengonsumsi minuman sehat juga bisa mendapatkan berat badan ideal.

Berikut 8 minuman sehat yang dapat menurunkan berat badan seperti dikutip dari alodokter.com:

1. Air putih
Air putih merupakan minuman sehat paling praktis dan mudah dikonsumsi. Air putih tak mengandung kalori maupun gula yang berisiko menambah berat badan.

Penelitian menunjukkan, minum air putih sebanyak 1,5 liter setiap harinya selama 8 minggu dipercaya dapat menurunkan berat badan. Air putih juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat air putih tersebut,disarankan minum 2 gelas air putih sebelum makan agar memberikan efek kenyang dan mencegah Anda makan dengan porsi berlebihan.

Jika bosan dengan rasa tawar dari air putih, Anda bisa menambahkan irisan lemon atau membuat infused water.

2. Jus sayuran
Jus sayuran memiliki gizi yang sama dengan jus buah. Jus sayuran mengandung lebih sedikit kalori bila dibandingkan dengan jus buah. Dalam satu cangkir jus tomat mengandung 40 kalori, sedangkan secangkir jus jeruk memiliki 120 kalori.

Selain itu, jus sayuran juga banyak mengandung serat, sehingga bisa membantu Anda mengendalikan rasa lapar.

3. Jus buah
Jus buah tetap dapat menjadi minuman sehat untuk program diet, meski memiliki kalori lebih tinggi dari jus sayuran. Namun, hindari mengonsumsi jus buah kemasan yang biasanya telah ditambahkan gula atau pemanis buatan dan pengawet.

Sebaiknya mengolah sendiri buah untuk dijadikan jus menggunakan blender atau juicer. Pastikan juga jus buah yang dikonsumsi tidak ditambahkan gula atau susu kental manis.

4. Susu kedelai
Susu kedelai merupakan salah satu pilihan minuman sehat untuk menurunkan berat badan, sebab rendah kalori dan tinggi nutrisi. Disarankan mengonsumsi susu kedelai rendah lemak dan telah diperkaya dengan vitamin D serta kalsium.

Susu kedelai juga bisa menjadi pilihan bagi yang memiliki kondisi intoleransi laktosa. Tak hanya itu, susu kedelai dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis dan penyakit jantung.

5. Susu rendah lemak
Keunggulan susu rendah lemak adalah kandungan lemaknya yang lebih sedikit daripada susu murni. Oleh karena itu, susu rendah lemak bisa menjadi minuman sehat untuk menurunkan berat badan.

6. Teh hijau
Teh hijau merupakan minuman sehat bebas kalori dan kaya akan kandungan antioksidan. Selain dapat menurunkan berat badan, kandungan antioksidan di dalam teh hijau juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit liver, dan penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau tersebut, disarankan mengonsumsinya 2 kali sehari. Jika lebih menyukai teh hijau yang manis, hindari menambahkan gula dan gunakan madu sebagai gantinya.

7. Kopi
Kopi dapat menjadi pilihan minuman sehat untuk dikonsumsi. Disarankan mengonsumsi kopi tanpa pemanis atau ditambahkan susu tanpa lemak.

Meski demikian, tidak disarankan minum kopi secara berlebihan, cukup dua cangkir setiap harinya. Selain menurunkan berat badan, kopi juga dapat memberikan manfaat lain, yaitu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan gangguan fungsi hati.

8. Smoothies
Membuat smoothies dari campuran buah-buahan, seperti stroberi, pisang, dan blueberry bisa menjadi pilihan minuman sehat dan lezat untuk diet. Membuatnya bisa dengan menambahkan susu rendah lemak di dalam smoothies agar terlihat lebih kental.

Hindari mengonsumsi smoothies dalam kemasan, karena umumnya telah ditambahkan pemanis dan es krim yang membuatnya tinggi kalori.

Berbagai jenis minuman sehat di atas dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal. Namun, sertai pula dengan konsumsi makanan bernutrisi dan berolahraga secara rutin.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Bantu Penuhi Stok di UTD PMI Sultra, Donor Darah HUT Pasar Modal Target 350 Kantong Darah

15 September 2021 - 11:47

Pemkab Koltim Fokus Tangani Stunting

3 September 2021 - 16:09

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Imbas Dugaan Kebocoran Data, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Hapus Aplikasi E-HAC Versi Lama

1 September 2021 - 14:07

Trending di Kesehatan & Gaya Hidup
error: Share to copy paste !!