Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan & Gaya Hidup · 17 Jul 2021 ·

9 Manfaat Sarapan bagi Tubuh

  9 Manfaat Sarapan bagi Tubuh Perbesar

Portal.id – Sejumlah hal kadang kala menjadi sebab melewatkan sarapan, karena terlambat berkantor, repotnya menyiapkan makanan, ataupun karena sedang menjalani program diet. Padahal, ada banyak manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh.

Sarapan merupakan waktu makan terpenting karena dapat membantu metabolisme dan membakar kalori sepanjang hari. Untuk itu, berikut 9 manfaat sarapan yang dirangkum Portal.id dari berbagai sumber.

1. Mencegah penyakit maag
Sarapan menjadikan lambung terisi sehingga menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih dan berakibat sakit maag.

2. Pasokan nutrisi tubuh
Sarapan menyediakan proporsi asupan total nutrisi bagi tubuh sepanjang hari secara signifikan. Apalagi dengan mengonsumsi sarapan yang penuh dengan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin.

3. Memberikan energi lebih
Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari. Untuk itu, energi dapat diperoleh dari makanan sarapan. Dengan begitu, tubuh tetap fit dan tak mudah lelah.

4. Menyegarkan otak
Manfaat sarapan juga baik untuk otak Anda. Dengan sarapan, otak mendapatkan nutrisi yang membuat dapat berpikir lebih baik.

5. Menjaga konsentrasi
Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.

6. Mengurangi risiko stres
Kondisi perut kosong di pagi hari dengan aktivitas padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik sepanjang hari akan membuat mudah stres. Maka, manfaat sarapan dapat mengurangi resiko stres tersebut.

7. Menghindari makan tak terkontrol
Sarapan menghindarkan dari rasa lapar berlebih. Jika tak sarapan maka terjadi rasa lapar berlebih yang berakibat porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak camilan. Dari camilan inilah yang menyebabkan kegemukan.

8. Penurunan berat badan tubuh
Mengkonsumsi makanan sehat saat bangun tidur dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh. Jika dalam program diet, hal yang diinginkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak.

9. Menyehatkan tubuh
Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme, sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Bantu Penuhi Stok di UTD PMI Sultra, Donor Darah HUT Pasar Modal Target 350 Kantong Darah

15 September 2021 - 11:47

Pemkab Koltim Fokus Tangani Stunting

3 September 2021 - 16:09

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Imbas Dugaan Kebocoran Data, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Hapus Aplikasi E-HAC Versi Lama

1 September 2021 - 14:07

Trending di Kesehatan & Gaya Hidup
error: Share to copy paste !!