Fokus RedaksiSerba-serbi

Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Hari Jumat Sesuai Sunnah Rasullullah

×

Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Hari Jumat Sesuai Sunnah Rasullullah

Sebarkan artikel ini
Berdoa. Foto: amaliyah.net

Portal.Id: Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat muslim. Salah satu keistimewaan dari Hari Jumat tersebut yakni disebut sebagai hari yang paling mustajab untuk berdoa, dan dijamin akan terkabulnya doa.

Hal itu sesuai dengan hadist Rasulullah SAW: Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya.” Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata; ‘Yaitu beliau menyempitkannya.” (HR Bukhori dan Muslim)

Meski telah dijamin keistimewaanya, rupanya ada waktu terbaik sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, sebagai waktu yang bisa dipilih di hari Jumat.Dalam siaran YouTube Taman Surga.Net, mendiang Syekh Ali Jaber menuturkan bahwa di waktu tersebut doa tidak akan ditolak.

Syekh Ali Jaber berpendapat, ada beberapa pemahaman tentang hadist yang kuat untuk merujuk hal tersebut. Dan menurutnya, hadist yang paling kuat menyebutkan waktu terbaik yakni ada satu jam yang terakhir pada sore hari di satu jam sebelum waktu maghrib.

“Kira-kira kalau kita hitung, kalau waktu maghrib jam 18.00, berarti mulai dari jam 17.00,” kata Syekh Ali Jaber. Berdoa tidak harus dalam satu jam sebelum maghrib, bisa hanya beberapa menit namun masih dalam satu jam tersebut.

Hal tersebut juga disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan Imam Ahmad juga menjelaskan waktu doa yang mustajab di hari Jumat adalah setelah ashar, Rasulullah SAW bersabda: “Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah Ashar.” (HR. Ahmad).

Tidak hanya berdoa, hari Jumat juga dalam banyak riwayat hadist Rasulullah SAW dipandang sebagai hari yang istimewa untuk malakukan beragam kebaikan dan amalan sehingga dijuluki sayyidul ayyâm atau rajanya hari. Dengan kata lain, Jumat menduduki posisi paling utama di antara hari-hari lainnya dalam sepekan.

*Baca berita terkini lainnya di GOOGLE NEWS https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOXyuwsw8o3TAw
atau gabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.