#AdvetorialFokus RedaksiMetro KendariSulawesi Tenggara

Pastikan Stok Pangan Aman, Wali Kota Kendari Kunjungi Pasar Baruga

×

Pastikan Stok Pangan Aman, Wali Kota Kendari Kunjungi Pasar Baruga

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Pemerintah Kota kendari, SUlawesi Tenggara (Sultra), terus berusaha menjaga distribusi pasokan pangan ke daerah itu tetap lancar untuk menjaga stok pangan tetap aman di tingkat pasaran.
Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir, bersama dengan Kepala Kanwil VI Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana dan didampingi Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari Alda Kesutan Lapae, melaksanakan kunjungan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Baruga Kota Kendari, Kamis (28/7/22).
“Kunjungan ini dalam rangka tugas pemerintah untuk memastikan ketersediaan stok sembilan bahan pokok dan harga kebutuhan bahan pokok terjangkau yang ada di pasar tersebut. Dan alhamdulillah hasil pengecekan kita hari ini semua relatif stabil,” ungkap Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Dalam kunjungan di pasar Baruga kota Kendari, wali kota juga melakukan pengecekan terhadap rehabilitasi beberapa lapak pedagang, khususnya lapak ikan untuk dibenahi agar lebih higienis.
“Mudah-mudahan rehab lapak pedagang ini bisa terselesaikan sebelum akhir tahun,” katanya.
Ia juga berharap dengan stabilnya harga ini bisa dipertahankan sampai akhir tahun nanti, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokok di kota Kendari.
Sementara itu, Hilman Pujana Kepala Kanwil VI KPPU Makassar menyampaikan senada dengan apa yang disampaikan Wali Kota Kendari.

“Dari hasil pemantauan kami tadi, harga relatif stabil, jadi dari kemarin setelah Idul Adha harga tetap stabil, tadi disampaikan bahwa beberapa komoditas berasal dari beberapa daerah penyangga seperti Kabupaten Muna, Konawe Selatan, Konawe, jadi kami mengapresiasi pak Wali atas koordinasi antar kepala daerah ini perlu, di Kota Kendari hilirnya disini, jadi harus memperbanyak jaringan dari penyangga-penyangga ini untuk memastikan pasokan yang masuk ke kota Kendari ini lancar,” kata Hilman Pujana.
KPPU kata Hilman tidak mempermasalahkan terkait pasokan kebutuhan dari mana, yang terpenting masyarakat kota Kendari bisa mengakses kebutuhan sembako dengan harga terjangkau.
Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae, berharap para pedagang di sejumlah pasar agar tetap menjaga ketersediaan stok barang, utamanya sembako dan tetap mempertahankan harga sehingga masyarakat bisa menjangkau kebutuhan akan sembako.(ADV)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id