Ekonomi & BisnisNews

Mengenal si PINTAR, Website Tukar Uang dari Bank Indonesia

×

Mengenal si PINTAR, Website Tukar Uang dari Bank Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kepala Unit Implementasi Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hendra Irawan menunjukkan website PINTAR. Foto: Portal.id.

kendari, portal.id – Kemudahan demi kemudahan terus dihadirkan Bank Indonesia (BI) untuk melayani kebutuhan masyarakat, khususnya layanan penukaran uang.

Dalam layanan penukaran uang, Bank Indonesia menghadirkan website resmi yang diberi nama PINTAR.

Website PINTAR itu apa sih? Kepala Unit Implementasi Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hendra Irawan menuturkan, si PINTAR merupakan website atau platform resmi dari Bank Indonesia yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan penukaran uang rupiah yang telah rusak ataupun cacat.

Tidak hanya itu, melalui website ini masyarakat juga bisa melakukan pembelian uang rupiah bersambung atau uncut banknotes dan uang emisi khusus lainnya.

“Hadirnya website ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Melalui website PINTAR masyarakat bisa mengetahui jadwal-jadwal layanan kas Bank Indonesia,” tutur Hendra kepada portal.id, Rabu (1/3/2023).

Melalui si PINTAR, masyarakat dapat mengatur jadwal pelayanan penukaran uang sesuai jam operasional, sehingga tidak harus mengantri lama di Kantor Bank Indonesia.

“Jadi masyarakat juga secara waktu akan lebih efisien, mereka datang sesuai requestnya mereka,” jelasnya.

Lalu bagaimana mengakses website si PINTAR untuk mendapat layanan penukaran uang? Berikut caranya:

  • Buka laman http://pintar.bi.go.id.
  • Setelah website terbuka, kamu akan disuguhkan berbagai layanan Bank Indonesia. Tinggal pilih, apakah penukaran uang melalui kas keliling atau penularan uang rupiah rusak/cacat.
  • Misalkan pilih penukaran uang rusak/cacat, setelah itu akan tampil menu Pilih Provinsi, Pilih Lokasi Penukaran, dan Jadwal Penukaran. Isi ketiganya sesuai lokasi dan jadwal hari yang diinginkan.
  • Setelah itu tekan “Pesan”.
  • Langkah selanjutnya pilih jadwal jam penukaran, setelah itu tekan “Lanjutkan”.
  • Kamu akan diarahkan untuk mengisi beberapa kolom tentang identitas pribadi, seperti NIK, Nama Lengkap sesuai KTP, Nomor Telepon, Alamat Email, status (bank atau non bank). Jika sudah tekan “Lanjutkan”.
  • Tahap selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mengisi jumlah dan jenis pecahan yang akan ditukarkan.
  • Setelah itu tekan “Selesai”, dan kamu akan mendapat form bukti pemesanan.
  • Tunjukan form bukti pemesanan saat datang ke Kantor Bank Indonesia untuk menukarkan uang.



Laporan: Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id