Ekonomi & BisnisMetro KendariNews

Nelayan Mudik, Harga Ikan di TPI Sodohoa Kendari Naik

×

Nelayan Mudik, Harga Ikan di TPI Sodohoa Kendari Naik

Sebarkan artikel ini
Kapal Nelayan di Perairan Sekitar TPI Sodohoa Kendari. Foto portal.id

Kendari.portal.id – Harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodohoa Kendari merangkak naik karena banyaknya nelayan yang mudik jelang hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Hal tersebut diungkapkan oleh Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap TPI Sodohoa Kendari, Syarif Arsyad saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/4/2023).

Katanya, per tanggal 1-17 April 2023 kapal di TPI Sodohoa Kendari yang beroperasi hanya 17 kapal, berbeda dengan di bulan sebelumnya (Maret) ada 87 kapal.

“Salah satu faktor yang mempengaruhi naiknya harga ikan yaitu banyaknya kapal yang istirahat, nelayannya mudik karena mayoritas nelayan di sini dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat,” kata Syarif.

“Tergantung dari jenisnya, kalau ikan layang naiknya bisa sampai Rp5 ribu tapi kalau ikan kelas seperti ikan kerapu, ikan sunu, ikan putih itu naiknya bisa sampai Rp10 ribuan,” sambungnya.

Kendati demikian, stok ikan hingga hari raya tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Pasokannya kebanyakan dari Wanci, dari Banggai dan pulau-pulau sekitar Samarenda Sulawesi Tengah yang datang kesini pakai kapal-kapal kecil,” ujarnya.

Laporan AT

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id