Konawe SelatanPendidikan & BudayaSerba-serbi

Pemkab Konsel Akan Bangun Rumah Adat, Telan Anggaran Rp10 Miliar 

×

Pemkab Konsel Akan Bangun Rumah Adat, Telan Anggaran Rp10 Miliar 

Sebarkan artikel ini

Konawe Selatan, Portal.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) akan membangun sebuah rumah adat berisikan ornamen ciri khas bangsa yang bermukim di Konsel pada 2024 mendatang.

Bangunan ini menjadi impian Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, dalam mewujudkannya Pemda Konsel akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konsel tahun 2024.

“Insyaa Allah Tahun 2024, kami akan membangun rumah adat dengan konsep seluruh adat atau suku bangsa akan memghiasi isi dari rumah adat tersebut. Tetapi bentuk atau desain untuk bangunannya, tetap akan mengedepankan rumah adat Tolaki, yang menandai bahwa rumah adat tersebut berdiri di tanah Tolaki,”ujar Bupati Konsel H Surunuddin Dangga didampingi Kadis Komimfo dan sejumlah pejabat lainnya  kepada sejumlah awak saat acara coffe moorning di rumah jabatan Bupati, Jumat, (6/10/2023).

Menurut Bupati Konsel dua periode ini, rencana pembangunan rumah adat ini, telah beberapa kali dilakukan komunikasi dan diskusi bersama dengan tokoh masyarakat, tokih adat, budayawan dan akademisi. 

Termasuk desain dan model rumah adat dengan komponen di dalamnya juga sudah dibahas dalam setiap kesempatan.

“Rumah adat ini akan dibangun di sisi Barat Islamic Center di depan kompleks perkantoran Bupati Konsel dan Mall pelayanan publik yang tidak lama juga kelar. Nantinya rumah adat ini selain sebagai simbol semua suku atau adat di Konsel. Rumah adat ini juga akan berfungsi sebagai museum dan menjadi wisata edukasi bagi pelajar dan pemuda pemudi serta masyarakat umum,” jelasnya.

Suami Hj Nurlin Surunuddin ini menambahkan, untuk rencana dan alokasi anggarannya disiapkan Rp10 miliar dan sementara dibahas oleh Pemda bersama DPRD yang diharapkan APBD Konsel Tahun 2024 ditetapkan, paling terlambat awal bulan November 2023.

“Untuk perencanaan dan design gambar bangunan rumah adat tersebut, pemerintah juga akan mengadakan sayembara dan diumumkan secara terbuka. Kepanitiaan sayembara desaig rumah adat ini akan segera dibentuk dan ditetapkan dan selanjutnya bekerja dengan baik,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id