Politik & PemerintahanSulawesi Tenggara

Tina Nur Alam berangkatkan ratusan mahasiswa Sultra untuk Kuliah Gratis di Jakarta

×

Tina Nur Alam berangkatkan ratusan mahasiswa Sultra untuk Kuliah Gratis di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Calon Gubernur Sultra, Tina Nur Alam saat menyerahkan beasiswa Karti Indonesia Pintar kepada Universitas Muhammadiyah Kendari
Calon Gubernur Sultra, Tina Nur Alam saat menyerahkan beasiswa Karti Indonesia Pintar kepada Universitas Muhammadiyah Kendar (UMK). Foto : Ist

Kendari, Portal.id  – Ratusan mahasiswa baru asal Sulawesi Tenggara (Sultra) penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) tiba di Jakarta, untuk memulai perkuliahan di tahun ajaran baru tahun 2024.

Kedatangan para mahasiswa asal 17 kabupaten kota se Sultra ini disambut sejumlah pengurus organisasi paguyuban asal Bumi Anoa, diantaranya Ikatan Mahahasiwa Pemuda Pelajar Konawe (IPPMK) di Bandara Soekarno Hatta.

Ketua IPPMK, Irjal Ridwan mengatakan sambutan ini sengaja dilakukannya sebagai wujud jalinan persaudaraan bagi adik-adik mahasiswa baru asal Sultra, yang baru akan memulai pendidikannya di sejumlah kampus di Jakarta.

Menurutnya, dirinya juga merupakan salah satu penerima beasiswa KIP Kuliah aspirasi Anggota DPR RI Komisi X Dapil Sultra Tina Nur Alam. Jumlah penerima beasiswa ini sendiri kini diperkirakan mencapai 1000 orang lebih.

“Beasiswa KIP dari Ibu Tina Nur Alam sudah berlangsung sejak tahun 2020 sampai sekarang, Dan alhamdulillah tahun ini ada ratusan mahasiswa bisa masuk Pendidikan Tinggi di berbagai Kampus di Jakarta, karena KIP,” kata Irjal.

Tina Nur Alam bersama Mahasiswa Penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar
Tina Nur Alam bersama Mahasiswa Penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). Foto : Ist

Irjal berharap, program beasiswa ini bisa terus dilanjutkan, karena manfaat KIP kuliah berdampak besar bagi generasi muda asal Sultra, untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjeng lebih tinggi.

Dirinya juga memberikan apresiasi khusus bagi Tina Nur Alam, sebagai legislator asal Sultra di Senayan, yang telah menunjukan pengabdiannya dengan mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Anoa melalui KIP kuliah.

“Diluar sana masih banyak teman-teman (anak Sultra) yang belum mendapatkan kesempatan. Kami Ingin ini bisa dijalnjutkan untuk kemajuan daerah,” tegas mahasiswa asal Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe ini.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam pada berbagai kesempatan telah berulang kali menegaskan, pendidikan adalah salah satu bidang yang menjadi perhatian serius.

Menurutnya, hal ini telah menjadi komitmen pribadinya, yang sejak dulu dilakukannya, misalnya saat dirinya turut aktif mengawal program Cedas Sultraku, yang menjadi bagian dari program Bahteramas.

Kiprah dan perhatian khususunya bagi dunia pendidikan inilah juga yang akhirnya membawa dirinya untuk bisa duduk di Komisi X DPR RI, yang membidangi soal pendidikan, riset, olahraga dan kepariwisataan.

Untuk beasiswa KIP aspiranya ini, Tina Nur Alam mencatat telah disalurkan kepada 100.000 lebih siswa siswi jenjang SD hingga SMA/SMK, serta diterima 2.000 mahasiswa jenjang S-1 di Sultra.

“KIP sudah diterima 100.000 lebih siswa siswi serta 2000 mahasiswa khusus S-1. Semoga kedepan tidak ada lagi anak Sultra yang tidak sekolah,” tegas Tina Nur Alam, yang juga Calon Gubernur Sultra ini.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id