#AdvetorialFokus RedaksiNasional

Diikuti 71 Kafilah dan 816 Peserta, MTQ V KORPRI di Sultra Resmi Dibuka Wamenag RI

×

Diikuti 71 Kafilah dan 816 Peserta, MTQ V KORPRI di Sultra Resmi Dibuka Wamenag RI

Sebarkan artikel ini
Wamenag RI Drs. H. Zainut Tauhid Sa'adi MSi, (tengah) bersama Gubernur Sultra saat memukul beduk bertanda dimulainya perhelatan MTQ V KORPRI Nasional di Kendari, Sultra, Minggu (14/11) malam.

Kendari, Portal.id – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) V Korps Pegawai Negeri Indonesia (KORPRI) Tingkat Nasional Tahun 2021 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi dibuka Wakil Menteri Agama (Wamenag) Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi MSi, bertempat di Alun alun Kta kendari kawasan Tugu Religi, Minggu (14/11) malam.
MTQ V KORPRI tingkat nasional 2021 di Kota Kendari diikuti sebanyak 71 kafilah dengan rincian 37 perwakilan kementerian/lembaga dan 34 provinsi dengan jumlah peserta 816 orang.
Wamenag RI, Zainut Tauhid Sa’adi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ V KORPRI Tahun 2021 di Sultra sangat sarat makna.
Menurut dia, Sultra adalah salah satu di antara wilayah yang menjadi dasar berkembangnya Islam di Indonesia bagian timur. Di Sultra lah lahir Kesultanan Buton yang begitu kokoh dan konsen terhadap dakwah.
“Kesultanan Buton pula lah yang pada akhirnya banyak menjembatani masyarakat Buton dalam bersosialisasi dengan dunia internasional,” katanya.

Wamenag RI Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi MSi,, saat menyampaikan sambutan pembukaan MTQ V KORPRI nasional di kendari, Minggu malam

Dikatakan, Jejak Kesultanan Buton memberi spirit yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Islam begitu indah membumi tanpa harus menegasikan nilai-nilai kearifan lokal. Justru Islam membumi dan memberi warna yang lebih indah. “Seperti kita lihat hari ini betapa harmoni itu indah terjaga di tengah masyarakat Sultra,” katanya.
Dari pelaksanaan MTQ V KORPRI, diharapkan ASN dapat tumbuh dan memberi warna bagi keragaman untuk persatuan Indonesia. Spirit Al-Qur’an adalah motivasi terbaik untuk menjadi abdi negara yang moderat, toleran dan penuh dedikasi.
“Sultra bukan hanya indah alamnya namun juga rukun masyarakatnya.  Sangat tepat jika MTQ V KORPRI  ini diselenggarakan di Kota Kendari, karena itulah mari kita jadikan event ini sebagai momentum untuk menjaga spirit pengabdian kita bersama untuk bangsa dan negara,” pungkasnya.
Gubernur Sultra Ali mazi, saat sambutan selamat datang kepada peserta MTQ V KORPRI di kendari, Sultra, Minggu malam

Sementara itu, Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH menyampaikan selamat datang kepada Wamenag, Gubernur dan Wakil Gubernur se-Indonesia yang sempat hadir, pejabat kementerian/lembaga, Dewan Pengawas dan Dewan Hakim, panitia pusat serta seluruh kafilah dari luar Sultra.
“Terima kasih telah berkenan hadir di MTQ V KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2021. Semoga selama berada di Sultra memperoleh kesan positif dan menyenangkan,” katanya.
Ali Mazi menerangkan, selaku pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan MTQ V KORPRI sebagai salah satu program rutin Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korpri.
Kafilah asal Sultra di MTQ V KORPRI Nasional di Kendari

 
Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada DPN Korpri yang telah mengamini permohonan Pemprov Sultra agar dijadikan tuan rumah penyelenggara MTQ V KORPRI yang seyogyanya dilaksanakan 2020 lalu.
Namun karena pandemi COVID-19, MTQ V KORPRI baru dapat dilaksanakan tahun ini meski situasinya masih dalam pandemi, sehingga pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan.
Sebagai tuan rumah penyelenggara, Provinsi Sultra senantiasa bertekad untuk mensukseskan MTQ V KORPRI Tingkat Nasional. Namun disadari tidaklah mungkin dapat tercapai suatu kesuksesan tanpa dukungan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak.
“Termasuk kehadiran dan partisipasi kafilah dari kementerian/lembaga dan provinsi se-Indonesia sebagai salah satu bentuk dukungan dalam mensukseskan MTQ V KORPRI Tingkat Nasional,” ungkapnya.
Ketua Umum DPN Korpri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, saatsampaikan laporan terkait pelaksanaan MTQ V KORPRI Nasional di kendari, Sultra, Minggu malam

Sementara itu, Ketua Umum DPN Korpri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, selama periode kepengurusannya 2015-2021, pihaknya telah melaksanakan MTQ V Korpri sebanyak 3 kali.
Pertama MTQ III KORPRI tahun 2016 di Kalimantan Timur, saat itu juara umum diraih kafilah dari Sultra.
Kemudian MTQ IV KORPRI Tahun 2018 di DKI Jakarta dan juara umum di raih kafilah dari Banten.
“Dan tahun ini kita menyelenggarakan di Sultra, kita tunggu juara umumnya,” katanya.
Pada pelaksanaan MTQ V Korpri tahun ini merupakan yang terbesar dari sisi cabang lomba yang meliputi 9 cabang meliputi 25 kategori putra dan putri.
Kemudian jumlah kafilah terbanyak yakni 71 kafilah, yaitu 34 Provinsi dan 37 kementrian/lembaga.
Ia menambahkan bahwa MTQ Kopri dilaksanakan sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi sesama ASN khususnya dalam rangka HUT Korpri ke-50 yang jatuh pada 29 November 2021.
Disebutkan, tema MTQ Korpri tahun ini adalah ASN bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh.
“Untuk itu, momentum ini saya minta seluruh ASN sebanyak 4,2 juta bersatu, terus berkoordinasi, menjalin dan meningkatkan solidaritas agar kita dapat menghadapi seluruh masalah yang meliputi Republik Indonesia,” ujar dia.
Kemudian kata Zudan, lebih dalam pelaksanaan MTQ Korpri dimaksudkan agar semua ASN dan pihak yang terlibat bersama-sama berdoa agar Allah SWT mencurahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga menjauhkan negara Republik Indonesia dari segala marabahaya termasuk bencana alam.

 
Doakan nakes Yang Meninggal Akibat COVID
Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrullah mengajak seluruh tamu undangan maupun peserta kafilah baik dari kementerian dan lembaga maupun utusan provinsi lainnya agar memanjatkan doa bagi ASN dan alam yang gugur akibat terinfeksi COVID-19.
“Saya mengajak kepada Bapak Menteri Agama (Zairut Tauhid) dan tamu undangan lainnya, berdoa, berdoa, berdoa, berdoa, serta berdoa, berdoa, dan berdoa pada pembukaan MTQ Ke-5 di Kendari, Minggu (14/11) malam.
Zudan berharap para ASN dan tenaga kesehatan yang gugur akibat COVID-19 mendapatkan tempat yang layak di sisi Sang Khalik.
“Mohon izin kita dia berdoa untuk berdoa, untuk semuanya (ASN dan tenaga kesehatan),” ucap dia. (ADV)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id