#AdvetorialFokus RedaksiMetro KendariSulawesi Tenggara

Usai Groundbreaking RSUD Tipe D, Wali Kota Kendari Lanjut Peletakkan Batu Pembangunan Puskesmas Kandai

×

Usai Groundbreaking RSUD Tipe D, Wali Kota Kendari Lanjut Peletakkan Batu Pembangunan Puskesmas Kandai

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan dengan cara membangun gedung Puskesmas Kandai yang terletak di Kelurahan Dapu-dapura Kecamatan Kendari Barat
Peresmian pembangunan Gedung Puskesmas Kandai tersebut ditandai peletakan batu pertama oleh wali Kota kendari, H Sulkarnain Kadir, dilanjutkan ketua DPRD Kendari, Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara dan Forkopimda Kota Kendari, di Kelurahan Dapu-Dapura, Rabu.
Wali Kota Kendari menjelaskan, pembangunan Puskesmas Kandai dilakukan karena lokasi bangunan itu terkena perencanaan pembangunan jalan poros Kendari–Toronipa yang akan dikerjakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Mengantisipasi pembangunan itu, maka pemerintah Kota Kendari segera memindahkan lokasi puskesmas itu dengan mendirikan bangunan baru.
“Pembangunan Puskesmas Kandai ini akan melengkapi seluruh fasilitas kesehatan yang sudah kita lakukan di Kota Kendari,” ungkapnya.
Pasangan Siska Karina Imran ini berharap, pembangunan puskesmas bisa berjalan sesuai waktu yang ditetapkan yakni bulan Desember akan selesai, namun tetap memperhatikan kualitas bangunan.
Wali Kota menambahkan selain melayani warga Kota Kendari, Puskesmas Kandai diharapkan bisa melayani warga Kabupaten Konawe Kepulauan, karena letaknya berada di bibir Teluk Kendari berdampingan dengan pelabuhan ferry yang biasa digunakan warga Konawe Kepulauan.

Sementara itu Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala menjelaskan, Puskesmas Kandai akan dibangun di atas lahan seluas 1.242 meter persegi.
Puskesmas ini nantinya, akan dilengkapi dengan sejumlah ruangan diantaranya, ruangan rawat jalan, ruang gawat darurat, ruang rawat inap, kebidanan dan penyakit kandungan, ruang poli, farmasi, laboratorium klinik, kantor dan administrasi.
“Manfaat yang InsyaAllah kita bisa petik, pertama memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama yang berada di seputaran Kecamatan Kendari Barat, Kecamatan Kendari dan sekitarnya, mungkin saja dari Kabupaten Konawe Kepulauan dan sekitarnya. Dan InsyaAllah puskesmas ini dibangun dengan konsep sehat, apalagi diperhadapkan dengan view yang begitu bagus (Teluk Kendari),” katanya.
Sebelumnya pada Senin (4/7/22), Wali Kota Kendari meresmikan pembangunan RSUD tipe D di Kelurahan Puuwatu Kecamatan Puuwatu yang merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap peningkatan layanan kesehatan sekaligus bentuk pemerataan pembangunan pada sektor kesehatan.(ADV)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id