Menu

Mode Gelap
 

Sosok · 12 Jun 2021 ·

Andi Merya Nur: Saya Berpolitik Untuk Mengabdi

  Andi Merya Nur. Foto: Ist Perbesar

Andi Merya Nur. Foto: Ist

Portal.id Figur – Politik ada jalan pedang para petarung. Begitu kutipan yang ditulis pada banyak literasi tentang politik. Tentu bukan tarung dalam arti yang sebenarnya. Meski demikian, banyak tokoh menilai tarung politik lebih berat.

Meski hanya kutipan berstatus ‘no name’ atau tidak dikenal siapa penutur pertamanya. Kutipan soal jalan pedang politik nampaknya ada benarnya. Kancah politik kerap melahirkan para pemimpin hebat.

Di era modern saat ini. Politik tidak hanya menjadi kawah candradimuka kepemimpinan bagi laki-laki, tapi juga perempuan. Tidak heran, saat ini banyak perempuan yang terpilih menjadi pemimpin hebat, mulai dari Kades hingga Presiden.

Salah satu pemimpin hebat dalam kancah perpolitikan Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini, yakni Hj.Andi Merya Nur,SIP. Perempuan yang tidak lama lagi akan dilantik sebagai bupati definitif di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

…………………….

Lahir dari pasangan Muhammad Nur.P dan Andi Aisyah pada 23 Agustus 1984 silam. Andi Merya memilih politik sebagai jalan hidup, meski lahir dari rahim suami istri petani sukses di Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sebagai perempuan, pilihan menjadi politisi tentu berat. Tapi jiwa petarung dalam diri Ibu satu anak berusia 37 tahun ini rupanya sudah terbentuk dan mendarah daging untuk berani mengambil pilihan dan menjalani setiap resikonya.

Hal tersebut dibuktikan dengan perjalanan karir politiknya, yang telah sukses meraih sejumlah posisi penting. Ia mencatatkan rekor terpilih dalam dua kali pemilihan umum (Pemilu) sebagai anggota DPRD Kabupaten Kolaka.

Ia terpilih dalam di Pemilu 2009 dan menjabat satu periode penuh pada 2009 – 2014. Ibu satu anak ini kemudian terpilih kembali dalam Pemilu 2014. Namun hanya menjabat selama setahun yakni kurun 2014 – 2015.

Setelah dua periode di kursi legiselator. Tahun 2015, adalah jadi tahun pembuka menuju kursi eksekutif. Pada tahun itu, ia mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Kolaka dalam rangka pencalonannya sebagai Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim).

Di kursi eksekutif, Andi Merya Nur kembali mencatatkan rekor sebagai Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) dari dua bupati yang berbeda. Ia berpasangan dengan Tony Herbiansah pada periode pertama 2016-2021 dan Samsul Bahri pada periode kedua 2021-2026. (ad) /P-02

Redaksi Portal.id

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Kisah Apriyani Rahayu dengan Mantan Pelatih, Dijanji PNS Hingga Sekarang Masih Honorer

10 Agustus 2021 - 10:23

Andi Merya Nur: Berpolitik Untuk Mengabdi

14 Juni 2021 - 10:57

Bersiap Dilantik Sebagai Bupati Perempuan Pertama di Sultra

13 Juni 2021 - 10:51

Kirim Wakil Sejak 1996, Berikut Catatan Manis Sulawesi Tenggara di Ajang Puteri Indonesia

7 Juni 2021 - 08:30

Trending di Sosok
error: Share to copy paste !!