Politik & Pemerintahan

Bupati Andi Merya Harap Kerukunan Umat Beragama Terjaga di Kolaka Timur

×

Bupati Andi Merya Harap Kerukunan Umat Beragama Terjaga di Kolaka Timur

Sebarkan artikel ini
Rapat Koordinasi FKUB Kolaka Timur. Foto: Diskominfo Kolaka Timur

Portal.id Kolaka Timur – Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya berharap kerukunan antar umat beragama di daerahnya dapat terus terjalin dengan baik.
Hal tersebut disampaikannya saat membuka rapat koordinasi sekaligus penyerahan SK pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Koltim tahun 2021 di Aula Kantor Bupati Koltim pada Kamis (5/8/2021).

“FKUB ini akan menjadi mitra pemerintah kabupaten dalam melakukan pembinaan-pembinaan terhadap umat beragama yang hubungannya bersifat konsultatif,” kata Bupati Andi Merya dalam sambutannya.

“Mengenai pembentukan forum ini secara jelas diatur pada pasal 8 peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri,” sambungnya.

Bupati Andi Merya menjelaskan, FKUB juga nantinya memfasilitasi terwujudnya kerukunan umat beragama di daerah dengan mengoordinasikan kegiatan instansi vertikal di daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama.

Selain itu, menurutnya, FKUB juga berfungsi menumbuhkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati, dan saling percaya di antara umat beragama, membina dan mengkoordinasikan camat, lurah atau kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang ketenteraman dan ketertiban masyarakat dalam kehidupan beragama, dan menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah ibadah.

Oleh sebab itu, ia menegaskan kepada camat dan lurah maupun kepala desa juga sangat berperan dalam mengimplementasikan peraturan bersama tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan.

“Saya bersama semua unsur pimpinan daerah ini sangat mengharapkan agar perbedaan-perbedaan yang ada di antara kita hendaknya mampu kita rujut untuk kita jadikan potensi yang sinergis dalam membangun daerah dan bangsa kita ke depan,” katanya.

“Kita tidak boleh larut dalam situasi yang membesar-besarkan dan mempermasalahkan perbedaan, sebab masih banyak masalah bangsa yang perlu mendapat perhatian dan kepedulian kita semua,” pesannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.