Menu

Mode Gelap
 

Sosok · 13 Jun 2021 ·

Bersiap Dilantik Sebagai Bupati Perempuan Pertama di Sultra

  Andi Merya Nur. Foto: Ist Perbesar

Andi Merya Nur. Foto: Ist

Portal.id Figur – Andi Merya Nur, saat ini tengah menanti pelantikan dirinya sebagai Bupati definitif Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Pelantikan ini tidak hanya akan menjadi acara seremonial semata, tapi juga dicatat sejarah.

Betapa tidak, dalam dunia politik di Sultra, tercatat telah ada sederet politisi perempuan yang sukses meraih kursi pimpinan daerah, namun umumnya dalam posisinya sebagai 02, seperti wakil bupati, wakil wali kota.

Sedangkan dalam pelantikan nanti, Andi Merya Nur akan dinobatkan sebagai orang nomor 1 atau sebagai bupati definitif Kabupaten Koltim. Hal itu menjadi sejarah baru di kancah perpolitikan dan pemerintahan di Sultra.

Atas torehan itu, pengamat politik Sultra, Dr. Najib Husain menegaskan, hadirnya Andi Merya Nur sebagai kepala daerah perempuan pertama di Sultra, bisa menjadi teladan bagi perempuan lainnya.

“Andi Merya meruntuhkan hegemoni laki-laki dan pandangan bahwa kaum perempuan sangat sulit bahkan mustahil menjadi seorang kepala daerah,” jelas doktor jebolan Universitas Gajah Mada (UGM) itu.

Bahkan sejumlah pihak menilai, dengan dilantiknya Andi Merya Nur sebagai bupati definif di Kabupaten Koltim, hal itu mencatatkan rekor baru atas pencapaian lainnya yang dicatat sejarah kemajuan perempuan di Bumi Anoa.

Rekor tersebut yakni sebagai wakil bupati perempuan pertama di Kabupaten Koltim, menjadi perempuan pertama menjadi bupati definitif di Koltim dan rekor sebagai bupati perempuan pertama di Sultra. (ad) /P-02

Redaksi Portal.id

Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Kisah Apriyani Rahayu dengan Mantan Pelatih, Dijanji PNS Hingga Sekarang Masih Honorer

10 Agustus 2021 - 10:23

Andi Merya Nur: Berpolitik Untuk Mengabdi

14 Juni 2021 - 10:57

Andi Merya Nur: Saya Berpolitik Untuk Mengabdi

12 Juni 2021 - 09:18

Kirim Wakil Sejak 1996, Berikut Catatan Manis Sulawesi Tenggara di Ajang Puteri Indonesia

7 Juni 2021 - 08:30

Trending di Sosok
error: Share to copy paste !!