Menu

Mode Gelap
 

Bisnis · 8 Mar 2021 ·

BLK Kendari Buka Empat Paket Pelatihan MTU

 					Kepala BLK Kendari, La Ode Polondu bersama Bupati Buton, La Bakry, saat pembukaan pelatihan kerja di Pasarwajo, Senin (8/3) Perbesar

Kepala BLK Kendari, La Ode Polondu bersama Bupati Buton, La Bakry, saat pembukaan pelatihan kerja di Pasarwajo, Senin (8/3)

Portal.id –  Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari buka empat paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Non Institusional atau Mobile Training Unit (MTU) yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Buton, Senin (8/3/2021).

Empat paket pelatihan yang dibuka yaitu Filter Structur Paket I di Desa Wulasi Kecamatan Wulasi Kabupaten Konawe Selatan, Filter Structur Paket II di Kelurahan Lapuko Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan, Service Sepeda Motor Konvensional Paket I, serta Asisten Pembuat Pakaian Paket I di Kabupaten Buton.

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu mengatakan, pelaksanaan MTU merupakan bagian dari program kerja BLK Kendari untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat di luar Kota Kendari sehingga mereka diharapkan dapat menjadi angkatan kerja yang kompeten.

“Pelaksanaan kegiatan ini kita lakukan di daerah-daerah untuk mengakomodir para pencari kerja di luar Kota Kendari yang belum memiliki keterampilan,” katanya.

Atas dasar itu, jelas mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI), para peserta pelatihan kerja dengan ketrampilan dan kompetensi yang dimiliki, diharapkan dapat menolong dirinya dan bahkan menolong keluarganya dan orang lain. Sebab, dengan keterampilan yang dimiliki dapat digunakan bekerja di dunia usaha dan dunia industri atau untuk membuka usaha secara mandiri atau berkelompok.

“Artinya, dengan keterampilan yang mereka peroleh, bisa digunakan untuk masuk di dunia usaha atau industri atau mereka bisa gunakan untuk membuka usaha secara mandiri dan kelompok. Intinya keterampilan yang mereka peroleh sangat bermanfaat,” jelasnya.

Hal ini, lanjut orang nomor satu di BLK Kendari, untuk mengurangi jumlah pengangguran yang semakin meningkat akibat dampak pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta memberikan kesiapan terhadap generasi muda pencari kerja dalam menghadapi bonus demografi.

“Saya sangat berharap, pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Ikuti arahan instrukturnya, karena mereka adalah orang-orang terbaik BLK Kendari,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk pelatihan MTU masih tersisa 26 paket dan akan didistribusikan di daerah-daerah lainnya. BLK Kendari juga memiliki paket pelatihan yang dilaksanakan di BLK Kendari tanpa diasramakan dan di asramakan.

Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tahun Baru 2022, OJK Bakal Keluarkan Kebijakan Untuk Perkuat Performa Pasar Modal

4 Januari 2022 - 10:20

Kredit Pemda di Bank Sultra Capai Rp 1 Triliun, Kemendagri Berikan Apresiasi

28 Desember 2021 - 13:16

Presiden Jokowi Resmikan Smelter PT GNI, Kapasitas Produksi Feronikel 1,8 Juta Ton

28 Desember 2021 - 10:51

Kartu Debit Bank Sultra Bakal Dilaunching Awal Tahun 2022

28 Desember 2021 - 10:39

Capaian Bank Sultra di Triwulan Ketiga 2021, Bukukan Laba Ratusan Miliar dan Aset Puluhan Triliun

27 Desember 2021 - 23:43

Apresiasi Capaian Kinerja, Bank Sultra Bagikan THR Untuk Karyawan Dimomen Natal

27 Desember 2021 - 23:08

Trending di Bisnis