Otomotif & Olahraga

Boyong 3 Gol Lewat Titik Putih, Qatar Bungkam Yordania dan Pertahankan Titel Juara

×

Boyong 3 Gol Lewat Titik Putih, Qatar Bungkam Yordania dan Pertahankan Titel Juara

Sebarkan artikel ini
Perayaan kemenangan Qatar sebagai juara Piala Asia 2023
Perayaan kemenangan Qatar sebagai juara Piala Asia 2023. Foto : Istimewa/official instagram Qatar Football Association (@qfa).

Olahraga, Portal.id — Dominasi Qatar di Piala Asia 2023 tidak tergoyahkan. The Maroons berhasil mempertahankan gelar juara usai melibas Yordania dengan skor 3-1 pada partai final yang berlangsung Sabtu (10/2/2024) malam.

Dalam laga yang berlangsung di Lusail Stadium, tiga gol Qatar tercipta dari titik putih. Dimana wasit asal Cina, Ma Ning secara beruntun memberikan hadiah penalti kepada sang tuan rumah.

Sejak menit awal babak pertama, Qatar langsung menggempur pertahanan Yordania melalui penyerang andalan mereka Akram Afif. Namun, ketangguhan kiper Yazeed Abulaila masih dapat mempertahankan gawangnya.

Terus-terusan memberi gempuran, gol yang ditunggu-tunggu Qatar akhirnya tercipta pada menit ke-20, usai wasit Ma Ning menunjuk titik putih buntut dari pelanggaran yang dilakukan oleh pemain bertahan Yordania Abdallah Nasib terhadap Akram Afif, di dalam kotak penalti.

Afif yang mengeksekusi sendiri tendangan penalti tersebut, berhasil membenamkan si kulit bundar ke gawang Yordania. Keunggulan 1-0 itu bertahan hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua, Yordania tampil lebih agresif. Gelombang serangan secara masif dilancarkan tim berjuluk The Chivalrous ke lini pertahanan sang tuan rumah.

Serangan demi serangan yang dibangun Yordania akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-66. Sepakan keras penyerang Yazan Abdallah berhasil merobek jala gawang Qatar, yang dijaga oleh kiper Mashaal Barsham.

Tidak berselang lama, Qatar kembali unggul usia mendapat hadiah penalti kedua dari Ma Ning. Wasit asal Cina itu kembali menunjuk titik putih, dan Afif yang kembali mengambil sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya.

Tertinggal satu gol, Yordania tidak tinggal diam. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke gawang Qatar.

Namun, dewi fortuna kembali berpihak kepada The Maroons. Pada babak injury time, tepatnya di menit 90+5 wasit Na Ming kembali menghadiahi Qatar penalti.

Akram Afif yang kembali mengambil tendangan 12 pas tersebut berhasil menggetarkan jala Yordania untuk yang ketiga kalinya. Keunggulan 3-1 tersebut bertahan hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan.

Dengan hasil tersebut, Qatar kembali menjadi Raja Asia. Sedangkan Yordania harus mengakhiri perjalannya sebagai runner up Piala Asia 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.