Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Budaya · 21 Apr 2021 ·

BPJAMSOSTEK Sultra Berikan Beasiswa Dua Anak Ahli Waris

 					BPJAMSOSTEK Sultra usai penyerahan beasiswa ahli waris Perbesar

BPJAMSOSTEK Sultra usai penyerahan beasiswa ahli waris

Kendari, Portal.id – BadanPenyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Sultra bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra menyerahkan beasiswa kepada dua orang anak ahli waris perserta BPJamsostek yang mengalami kecelakaan kerja dan meninggal dunia.

Kedua anak tersebut yakni Anggi Cahaya Putri, siswa SMP yang merupakan anak dark Alm. Haerul serta Muh Fadil Prasetyo, siswa SD yang merupakan anak dari Alm Ibnu Hajar.

Penyerahan manfaat beasiswa tersebut diberikan dalam acara launching manfaat beasiswa secara virtual di 34 provinsi di Indonesia. Untuk Sultra, dilaksanakan di Claro Hotel Kendari, Rabu 21 April 2021.

Kepala BPJamsostek Sultra, Minarni Lukman mengatakan, penyerahan manfaat beasiswa tersebut sehubungan dengan telah diundangkannya Peraturan Menteri (Permen) Ketenagakerjaan Nomor 5 Tahun 2021 tentang tata cara penyelenggaraan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua pada 1 April 2021.

Kementrian Ketenagakerjaan meminta BPJamsostek untuk segera membayarkan manfaat beasiswa yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019.

“Jadi bagi anak yang orang tua nya meninggal biasa ataupun meninggal karena kecelakaan kerja dan telah terdaftar di BPJamsostek akan diberikan biasiswa. Dengan syarat kepesertaan minimal tiga tahun,” katanya.

MMinarni menyebutkan, besaran manfaat beasiswa diserahkan kepada dua orang ahli waris tenaga kerja. Masing-masing dua orang anak dengan jumlah maksimal sebesar Rp174 juta per anak.

“Untuk TK dan SD sebesar Rp1.500.000 per tahun dan anak SMP sebesar Rp2 juta per tahun. Kemudian anak SMA sebesar Rp3 juta per tahun serta anak perguruan tinggi sebesar Rp12 juta tahun/anak,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Sultra, Haswandy mengatakan, pihaknya terus menyosialisasikan program BPJamsostek kepada masyarakat. Sebab program ini tak hanya bermanfaat bagi peserta BPJamsostek, tapi juga keluarganya.

“Agar kedepan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan apakah kecelakaan kerja atau meninggal dunia anak yang ditinggalkan atau ahli waris mendapat jaminan atau manfaat dari BPJamsostek,” jelas Haswandy.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengatakan, dengan adanya program manfaat beasiswa dari BPJamsostek, cita-cita dan harapan anak dapat menjadi kenyataan meski ditinggalkan oleh orang tuanya.

“Karena telah terjamin dengan adanya beasiswa ini,” pungkas Asrun Lio

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Konkep, Dompet Dhuafa Wisuda 25 Guru Peserta Program SGI Master Teacher

29 November 2021 - 00:22

Jaga Kelestarian Bahasa di Sultra, Perda Bahasa dan Sastra Disahkan

26 November 2021 - 15:53

FGD Bareng Siswa di Lima Provinsi, Japelidi Perkuat Kecakapan Digital untuk Generasi Muda di Indonesia Timur

13 November 2021 - 11:18

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Trending di Pendidikan & Budaya