NasionalNewsPolitik & PemerintahanSosok

Gaungkan Pemilu 2024 Damai, Kapolri: Konflik Selalu Ada tapi Harus Dikelola

×

Gaungkan Pemilu 2024 Damai, Kapolri: Konflik Selalu Ada tapi Harus Dikelola

Sebarkan artikel ini

Nasional, Portal.id — Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggaungkan serta mengingatkan masyarakat agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa untuk menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang damai 2024 mendatang.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan fun walk, rangkaian HUT Bhayangkara ke-77 di Lapangan Monas, Jakarta, Minggu (25/6/2023).

“Harapan kita tentunya dengan semangat kebersamaan, semangat persatuan yang ada, kita bisa menjaga agar Pemilu 2024 yang akan kita laksanakan betul-betul berjalan dengan damai,” ucap Sigit.

Dia menerangkan, perbedaan pendapat, pandangan serta pilihan merupakan hal yang biasa dalam Pemilu. Namun, menurutnya seluruh perbedaan itu harus dijaga dalam bingkai persatuan.

“Tentunya perbedaan pendapat itu biasa karena memang di dalam pemilu selalu ada perbedaan, selalu ada konflik. Namun, konflik ini tentunya harus dikelola, sehingga hasilnya pun juga betul-betul bisa mendapatkan pemimpin yang memang siap untuk mengantarkan Indonesia menuju Indonesia Maju,” ujarnya.

Sigit menyebut, saat ini Indonesia menjadi salah satu negara yang menerima persepsi positif di kancah dunia. Dengan demikian, dirinya meminta agar hal tersebut dipertahankan, termasuk saat memasuki tahun politik seperti saat ini.

“Posisi kita sudah on the track. Kita menjadi negara yang saat ini juga disegani di ASEAN, Asia, dan negara G20. Ini harus kita pertahankan. Kalau kita bisa melaksanakan pemilu dengan damai, tentunya kita bisa wujudkan demokrasi kita yang mapan,” jelasnya.

Jenderal polisi bintang empat itu menegaskan, dengan  terwujudnya Pemilu 2024 yang aman dan damai, Indonesia dapat menyampaikan pesan di mata internasional, bahwa proses demokrasi di negara ini sudah berjalan mapan dan modern.

“Mari kita kawal dan jaga Pemilu yang ada, kita tunjukkan kepada dunia bahwa demokrasi Indonesia adalah demokrasi yang mapan, modern, dan aman untuk memilih dan mendapatkan pemimpin nasional yang siap untuk menjadi nakhoda berikutnya untuk Indonesia Maju,” tandasnya.

 

Laporan: Ferito Julyadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.