Menu

Mode Gelap
 

Serba-serbi · 15 Jun 2021 ·

Jangan Lupa Berdoa Sebelum Memulai Kerja, Ini Manfaatnya Bagi Diri

  Ilustrasi Berdoa Sebelum Bekerja. Foto: Yahoo Perbesar

Ilustrasi Berdoa Sebelum Bekerja. Foto: Yahoo

Portal.id – Doa merupakan hal penting bagi siapa saja. Bagi umat musim, dalam banyak riwayat, doa menjadi kewajiban dan keharusan sebelum melakukan aktifias apapun.

Salah satu aktifitas yang diharuskan untuk memanjatkan doa sebelum dilakukan, yakni aktifitas bekerja atau mencari rezeki halal untuk dikimati bersama seluruh anggota keluarga.

Manfaat doa ini sebelum bekerja, selain untuk keselamatan juga agar rezeki halal yang sedang diusahakan dapat dimudahkan dalam mendapatkannya dan dimudahkanya dalam aktifitas pekerjaanya.

Tidak hanya itu, doa juga dapat memberikan rasa ikhlas dan sabar ketika menghadapi jam kerja yang dirasa berat. Perlu diingat, bekerja untuk keluarga merupakan bagian dari Jihad fi sabilillah.

Beberapa doa yang bisa dibaca, yaitu:

Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.

Artinya:

“Ya Allah, Aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya, sesungguhnya atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menetukannya”.

Ada juga doa sebelum bekerja lainnya seperti yang dikutip dari Sahijab seperti di bawah ini:

“Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.”

Artinya:

“Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.” /P-02

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

PT Alam Nikel Abadi Serahkan Bantuan Sepatu Boot Untuk Masyarakat di Desa Tapunggaya

14 Oktober 2021 - 05:26

Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Hari Jumat Sesuai Sunnah Rasullullah

24 September 2021 - 11:40

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Ketatnya Pemeriksaan Tes SKD di UPT BKN Kendari, Gunakan Metal Detektor Hingga Facial Recognition

1 September 2021 - 11:35

UPT BKN Kendari Pastikan Kesiapan Pelaksanaan SKD CPNS, Ada Ruang Khusus Untuk Penderita Covid-19

31 Agustus 2021 - 14:43

Wali Kota Kendari Bantu Korban Kebakaran di Andonohu

24 Agustus 2021 - 11:19

Trending di Serba-serbi
error: Share to copy paste !!