Menu

Mode Gelap
 

News · 7 Apr 2021 ·

Kakanwil Kememag Sultra Sorot Tiga Hal Penting di Rakernas Kemenag RI

  Kanwil Kemenag Sultra ikuti rakernas virtual Perbesar

Kanwil Kemenag Sultra ikuti rakernas virtual

Kendari, Portal.id – Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sultra, Fesal Musaad menyorot tiga hal penting saat sesi tanya jawab dan dengar pendapat yang berlangsung secara virtual hari kedua Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Kementerian Agama (Kemenag) RI, di Aula Kanwil Kemenag Sultra, Selasa (6/4).

Didampingi para Kepala Kemenag 17 kab/kota se-Sultra, hal pertama yang disorot Kakanwil adalah terkait penguatan moderasi beragama yang gencar digaungkan oleh Kemenag.

Dikatakan, moderasi beragama yang merupakan pendidikan deradikalisasi yang merubah masyarakat dari keras menjadi lunak, toleran, plural dan moderat ini, menurut Fesal tak cukup hanya melibatkan penceramah atau tokoh agama saja.

“Moderasi beragama melibatkan penceramah, penyuluh agama, tokoh agama atau remaja masjid, itu hal biasa. Saya mengusulkan agar dalam penguatan literasi keagamaan, Kemenag bisa menggandeng insan pers sebagai mitra kerja dalam membumikan moderasi beragama di  medsos atau di ruang-ruang publik,” tutur Kakanwil.

Sehingga lanjut Fesal, Bimtek Moderasi Beragama bagi insan pers perlu ditambahkan agar Kemenag dan pers bisa bersinergi menggaungkan moderasi beragama untuk menangkal pemberitaan hoax dan ekstrim di medsos.

Selain itu, perlu juga menggandeng Majelis Ta’lim dan Ormas Islam ataupun Ormas agama lainnya untuk bersama memberikan pemahaman mengenai moderasi beragama kepada masyarakat.

Hal Kedua yang juga ditekankan Fesal Musaad pada kesempatan ini, yakni mengenai transformasi digital dalam rangka percepatan layanan publik.

Pada kenyataannya, para pelaku transformasi yang berjibaku dengan dunia digital ini,  merupakan operator baik di KUA maupun madrasah, mayoritas masih berstatus honorer dengan tingkat kesejahteraan yang sangat memprihatinkan.

“Operator-operator ini, perlu mendapatkan perhatian serius dari segi kesejahteraannya, karena mereka adalah pelaku penting dari tersajinya data, yang mendukung terwujudnya transformasi digital dalam rangka percepatan pelayanan publik itu sendiri,” jelasnya.

Hal ketiga atau terakhir yang tak luput dari pengamatan Kakanwil, adalah revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) perlu diperbesar bagi kecamatan-kecamatan yang belum memiliki gedung KUA.

Padahal kata Kakanwil, KUA merupakan teras Kemenag yang keberadaannya sangat direspon positif oleh masyarakat dan pemerintah daerah.

“Diperlukan percepatan strukturisasi, karena sering terjadi hambatan birokrasi akibat struktur yang belum jelas. Struktur belum ada, belum turun, mau mengusulkan juga tidak bisa. Sehingga seringkali terjadi penunjukan pelaksana tugas yang bisa membantu camat setempat dalam rangka pelayanan agama. Maka diperlukan percepatan strukturisasi itu,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Rakernas Kemenag RI digelar selama tiga hari, dan akan berakhir pada Rabu (7/4). Berlangsung secara daring, Rakernas di Kanwil Kemenag Sultra tetap mengacu pada protokol kesehatan COVID-19.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terpilih Aklamasi, Juan Ramahdan Pimpin HIPMI Konkep Periode 2021-2024

26 September 2021 - 17:42

Juan Ramahdan Pimpin HIPMI Konkep Periode 2021-2024 1

Ridwan BAE Tinjau Bendungan Ladongi, Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi

21 September 2021 - 10:12

Apriyani Rahayu Pulang Kampung, Ini Agendanya Selama di Sultra

27 Agustus 2021 - 14:27

Upah Minimum Tahun 2022 Dikaji Kemnaker dan Depenas

27 Agustus 2021 - 12:46

Pendapatan Negara hingga Juli 2021 Diklaim Capai Rp 1.031,5 Triliun

27 Agustus 2021 - 12:11

Indonesia Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Senilai Rp 7,29 Triliun

24 Agustus 2021 - 17:18

Trending di News
error: Share to copy paste !!