Menu

Mode Gelap
 

News · 22 Apr 2021 ·

Kemenpan-RB Anugrahi Pemkot Kendari Penghargaan SAKIP Award 2020 Predikat-B

 					Sekda Kendari, Nahwa Umar, usai terima penghargaan SAKIP Award 2020 dari Menpan-RB Perbesar

Sekda Kendari, Nahwa Umar, usai terima penghargaan SAKIP Award 2020 dari Menpan-RB

Jakarta, Portal.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kembali menganugrahi Pemerintah Kota Kendari berupa penghargaan predikat B pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Award 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo kepada Sekda Kota Kendari Hj. Nahwa Umar di Jakarta, Kamis.

“Pemberian penghargaan tersebut tak lepas dari keberhasilan Pemkot melaksanakan reformasi birokrasi di pemerintahan,” kata Sekda Kendari, Nahwa Umar, dari Jakarta.

Selain itu kata dia, penghargaan ini juga karena sukses memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta karena kekompakan ASN, Kepala OPD di Pemkot Kendari.

“Kita tidak bisa mendapatkan hasil sendiri sendiri. Ini berkat kerja keras kita semua serta karena arahan dari Wali Kota Kendari Bapak H.Sulkarnain Kadir. Mudah-mudahan ke depan prestasi ini bisa kita pertahankan bahkan kita tingkatkan,” kata Nahwa Umar.

Dijelaskan, untuk mengukur pengelolaan anggaran negara yang berorientasi hasil, Kementerian PANRB setiap tahunya melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja.

Melalui evaluasi tersebut kata dia, Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu Instansi Pemerintah.

Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.

“Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi Pemerintah berdasarkan tingkat perbaikan tata kelola instansi pemerintah melalui pelaksanaan reformasi birokrasi,” katanya.

Semakin tinggi indeks reformasi birokrasi katanya, maka semakin baik tata kelola instansi pemerintah sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi stakeholder dan berkontribusi pada capaian pembangunan nasional.

“Kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tahun 2020 merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah,” ujarnya.

Kegiatan ini juga lanjut Nahwa, dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu pemerintah daerah untuk semakin meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah dan semakin meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terpilih Aklamasi, Juan Ramahdan Pimpin HIPMI Konkep Periode 2021-2024

26 September 2021 - 17:42

Juan Ramahdan Pimpin HIPMI Konkep Periode 2021-2024 1

Ridwan BAE Tinjau Bendungan Ladongi, Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi

21 September 2021 - 10:12

Apriyani Rahayu Pulang Kampung, Ini Agendanya Selama di Sultra

27 Agustus 2021 - 14:27

Upah Minimum Tahun 2022 Dikaji Kemnaker dan Depenas

27 Agustus 2021 - 12:46

Pendapatan Negara hingga Juli 2021 Diklaim Capai Rp 1.031,5 Triliun

27 Agustus 2021 - 12:11

Indonesia Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Senilai Rp 7,29 Triliun

24 Agustus 2021 - 17:18

Trending di News