News

Olimpiade Tokyo 2020: Mengenal Negara ROC di Deretan Atas Perolehan Medali

×

Olimpiade Tokyo 2020: Mengenal Negara ROC di Deretan Atas Perolehan Medali

Sebarkan artikel ini

Portal.id – Saat melihat daftar.php perolehan medali negara peserta Olimpiade Tokyo 2020, tak akan ditemukan negara Rusia. Padahal Rusia merupakan salah satu negara yang selalu menempati deretan atas perolehan medali olimpiade.

Yang ada di daftar.php perolehan medali justru tertulis negara ROC. Ternyata ROC merupakan nama yang digunakan oleh atlet-atlet Rusia di Olimpiade Tokyo 2020.

Sebabnya, Rusia saat ini tengah menjalani hukuman berupa pelarangan ikut serta dalam Olimpiade Tokyo 2020. Rusia dihukum karena terbukti bersalah atas penyalahgunaan doping pada 2015 lalu.

Hukuman tersebut merupakan buntut dari kasus doping beberapa atlet Rusia di Olimpiade musim dingin di Sochi, Rusia pada 2014.

Mereka pun dijatuhi saksi larangan menggunakan nama, bendera, dan lagu kebangsaan dalam kejuaraan olahraga, termasuk Olimpiade.

Rusia mendapatkan keringanan setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengurangi hukuman menjadi dua tahun.

Para atlet Rusia tak dapat menggunakan nama negara, bendera, dan lagu kebangsaan mereka termasuk di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2021 dan Piala Dunia 2022 mendatang.

Saat acara pembukaan Olimpiade Tokyo pada Jumat (23/7/2021), bendera Rusia memang tak terlihat saat parade negara peserta.

Namun Komite Olimpiade Internasional (IOC) tetap mengizinkan atlet Rusia bertanding di olimpiade ke-32 ini dengan syarat mengunakan nama ROC (Russian Olympic Committee) atau Komite Olahraga Rusia.

Saat para atlet Rusia memenangkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, bendera negara mereka diganti dengan bendera ROC dengan logo tiga nyala api di atas cincin Olimpiade yang akan dikibarkan.

Sedangkan untuk lagu kebangsaan diganti dengan lagu First Piano Concerto oleh Pyotr Tchaikovsky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.