Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Budaya · 30 Mar 2021 ·

PIAUD Terakreditasi, Genap 12 Prodi Di IAIN Kendari Akreditasi B

  Tim penyusun borang FTIK bekerja secara gotong royong mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Komite Jaminan Mutu, Pejabat Struktural, hingga Tim Dosen yang ditunjuk membantu proses akreditasi di fakultas ini. Perbesar

Tim penyusun borang FTIK bekerja secara gotong royong mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Komite Jaminan Mutu, Pejabat Struktural, hingga Tim Dosen yang ditunjuk membantu proses akreditasi di fakultas ini.

Kendari, Portal.id – Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini atau PIAUD telah menerima Sertifikat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan predikat akreditasi B pada 23 Maret 2021.

Skor yang diperoleh pada proses akrediasi prodi ini mencapai 330, naik dari skor sebelumnya yang hanya mencapai 267 dengan predikat akreditasi C. Perolehan akreditasi Prodi PIAUD menggenapkan 12 prodi yang meraih akreditasi B di IAIN Kendari.

Perolehan akreditasi tidak terlepas dari kontribusi para tim penyusun borang akreditasi yang dibentuk oleh fakultas. Salah satu fakultas yang berhasil memecahkan rekor perolehan akreditasi tertinggi dengan predikat A adalah fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Tim penyusun borang FTIK bekerja secara gotong royong mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Komite Jaminan Mutu, Pejabat Struktural, hingga Tim Dosen yang ditunjuk membantu proses akreditasi di fakultas ini. Wakil Dekan I FTIK, Jumarddin La Fua mengkoordinir tim yang bertugas menyiapkan seluruh data pendukung borang sebagai bukti kelengkapan dokumen yang akan diajukan kepada asesor.

Tim ini juga mendapat dukungan dari Lembaga Penjaminan Mutu terutama dalam melakukan simulasi dan evaluasi diri untuk mengukur kekurangan borang program studi yang disajikan. Persiapan proses akreditrasi dipantau langsung oleh Rektor dan Wakil Rektor mengingat pencapaian akreditasi merupakan skala prioritas IAIN Kendari menuju transformasi menjadi UIN.

Jumarddin La Fua mengatakan, tim penyusun borang bekerja keras selama beberapa bulan terakhir untuk memastikan seluruh data tersedia dan lengkap sesuai standar yang ditetapkan BAN-PT.

“Proses asesmen beberapa prodi sebelumnya telah menjadi acuan bagi kami dalam memenuhi semua dokumen yang menjadi fokus penilaian asesor. Alhamdulillah kita memiliki tim yang solid yang bekerja siang dan malam bahkan menembus pagi untuk semua ini. Target utama kita adalah nilai akreditasi harus meningkat agar persepsi masyarakat terhadap mutu lembaga juga semakin baik, “ paparnya.

Dalam tiga bulan terakhir tim akreditasi ini telah mempersembahkan satu prodi terakreditasi A yaitu Pendidikan Agama Islam dan dua lainnya terakreditasi B yakni PIAUD dan Manajemen Pendidikan Islam.

Selain FTIK, Fakultas Syariah juga membentuk menjadi tim yang sangat solid dalam memperjuangan peningkatan grade akreditasi Prodi. Belum lama ini, Tim penyusun Borang Prodi Hukum Tata Negara all out menyiapkan proses re-akreditasi dan berhasil meraih akreditasi B, naik dari peringkat sebelumnya yang masih terakreditasi C.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Asliah Zainal menilai bahwa pada aspek fasilitas sarana prasarana dan mutu layanan pendidikan IAIN Kendari sudah dapat dinyatakan layak meraih akreditasi unggul.

“Kita hanya perlu meningkatkan kedisiplinan dalan hal tertib administrasi, sebab beberapa proses asesmen prodi yang kami dampingi mengalami kendala pada kekurangan data dukung yang menjadi dasar bagi asesor dalam memberikan penilaian. Mudah-mudahan ke depan kita bisa menangani persoalan administrasi dengan lebih baik lagi,” jelasnya.

Pencapaian 12 prodi terakreditasi B menjadi harapan besar bagi IAIN Kendari untuk meningkatkan kualitas dan meraih akreditasi A melalui proses re-akreditasi. Sementara 10 Prodi lainnya yang masih terakreditasi C, akan diupayakan agar mencapai akreditasi B bahkan jika memungkinkan dipersiapkan meraih akreditasi A.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengatakan bahwa peningkatan nilai akreditasi ini memang bukan hal yang mudah tetapi sangat mungkin diraih dengan komitmen dan kerjasama semua pihak.

“Kita sudah membuktikan bahwa dengan kerja keras dan kerja cerdas, target akreditasi A itu bisa kita raih. Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak fakultas dalam mendorong peningkatan akreditasi ini, selaku pimpinan bersama para Warek kami mendukung sepenuhnya dengan menerbitkan kebijakan sesuai dengan kewenangan kami agar prodi ini mencapai nilai maksimal,” kata Rektor.

Saat ini, beberapa program studi sedang menunggu hasil asesmen lapangan seperti Prodi Ekonomi Syariah dan Ahwal Syaksiyah atau Hukum Keluarga pada program Pascasarjana dan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Beberapa prodi lain juga tengah mempersiapkan kelengkapan akreditasi sambil menanti jadwal asesmen lapangan antara lain Prodi manajemen Dakwah dan Prodi Ilmu Al Qur’an dan tafsir pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Prodi-prodi tersebut diharapkan menambah kuantitas perolehan akreditasi A di kampus Islam Negeri Terbesar di Sultra ini.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Siswa SD Kota Baubau Promosikan Pariwisata Buton di Kemendikbud

30 Agustus 2021 - 15:07

Mahasiswa KKN Tematik UHO Edukasi ‘Adaptasi Kebiasaan Baru’ Para Pelaku Usaha Kuliner di Kota Kendari

28 Agustus 2021 - 09:27

Tak Dapat Kuota PPPK 2021, Guru Honorer di Kendari Adukan Nasibnya kepada DPRD

24 Agustus 2021 - 18:20

Trending di Pendidikan & Budaya
error: Share to copy paste !!