NewsOtomotif & OlahragaPendidikan & Budaya

Siswa SMAN 4 Kendari Wakili Sultra Dalam Ajang Olimpiade Internasional Karate di Portugal

×

Siswa SMAN 4 Kendari Wakili Sultra Dalam Ajang Olimpiade Internasional Karate di Portugal

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id — Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kendari, Muhammad Razaq ditunjuk mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Internasional di Portugal pad 1—3 Desember 2023 mendatang.

Razaq terpilih menjadi salah seorang wakil Indonesia, setelah sebelumnya berhasil menyabet medali emas pada cabang olahraga (Cabor) Karate pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (P2SN), yang digelar di Jakarta pada 10—16 September 2023 lalu.

Remaja kelahiran 25 Maret 2006 itu bakal terbang ke Jakarta 24 November nanti, untuk menjalani pemusatan latihan sebagai pembekalan sebelum berlaga di Olimpiade Internasional.

Selanjutnya, siswa kelas XII MIPA itu akan berangkat ke Portugal pada 29 November 2023 bersama rombongan. Di Portugal nanti, Razaq berlaga pada kelas Kumite -61 kilogram putra, dan akan menghadapi atlet-atlet Karate siswa dari berbagai negara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Yusmin, juga sudah memanggil Razaq untuk bertemu di kantornya pada Rabu (22/11).

Dalam pertemuan itu, Yusmin, menyampaikan langsung dukungan moril dan materil kepada Razaq untuk bertanding dan bisa meraih juara.

“Tantu kami mendukung penuh anak-anak kami para siswa yang untuk terus berprestasi di semua bidang, baik akademik maupun non akademik. Termasuk Razaq ini, dia ini aset daerah kita di masa depan yang harus didukung penuh,” ucapnya.

Sejak kepemimpinan Yusmin, Dikbud Sultra menaruh perhatian serius kepada seluruh siswa berprestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik. Tidak hanya itu, Dikbud Sultra juga menaruh perhatian kepada siswa-siswa berkebutuhan khusus lainnya.

“Saya selalu tekankan kepada seluruh kepala sekolah agar anak-anak kita yang berprestasi didukung penuh dan dikembangkan bakatnya. Bukan hanya itu, siswa kita yang berkebutuhan khusus, misalnya secara ekonomi, itu juga harus diperhatikan, didukung agar mereka mendapat pernatian dan nak yang sama dalam menempuh pendidikan di sekolah menengah atas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu mengatakan pihak sekolah mendukung penuh seluruh siswa yang memiliki bakat di semua bidang, untuk terus mengembangkan bakatnya hingga meraih berprestasi, baik di tingkat daerah, nasional, bahkan internasional.

“Kami tentu sangat mendukung seluruh siswa berprestasi, salah satunya di bidang olahraga. Ini membuktikan bahwa di sekolah bukan hanya bisa prestasi di bidang akademik saja, namun non akademik juga bisa dikembangkan,” jelas Liyu.

Ia menyampaikan terima kasih terhadap dukungan besar dari Dikbud Sultra serta orang tua siswa yang tergabung dalam Komite SMAN 4 Kendari, yang telah membantu dan mendukung penuh siswa- siswa berprestasi, salah satunya Razaq.

“Doa dan dukungan masyarakat Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara, kami harapkan agar anak kita ini bisa meraih juara,” tandasnya.


Laporan: Ferito Julyadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.